Perbedaan Planet dengan Planet Katai

Ilustrasi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Saat sistem ekstrasolar belum ditemukan, perbedaan antara planet dan bintang dapat didefinisikan dengan jelas. Contohnya antara Jupiter dan bintang terkecil (75 kali massa Jupiter) keduanya dapat langsung dibedakan.

Apa itu Planet?
Berdasarkan kamus, planet adalah obyek langit yang bersinar karena memantulkan cahaya dari bintang dan bergerak mengelilingi bintang. Bagi masyarakat awam, planet adalah anggota tata surya yang bergerak mengitari matahari.

Planet sendiri berasal dari kata Yunani, “wanderer” atau “pengelana”, yang merupakan obyek langit dingin, dan tidak menghasilkan energi. Planet hanya dapat memantulkan cahaya bergantung pada besar albedonya.

Sebagai benda dingin, planet tidak memiliki sumber energi panas yang signifikan di dalamnya dan tidak dipengaruhi oleh temperatur.

Pada tahun 2006, dalam General Assembly International Astronomers Union (IAU) yang ke-26 di Praha, ditetapkanlah resolusi baru mengenai definisi Planet:
  1. Memiliki orbit yang mengitari Matahari / bintang
  2. Memiliki massa yang besar agar gravitasinya cukup besar untuk mempertahankan bentuk bola
  3. Mampu membersihkan area sekeliling orbitnya dari benda-benda kecil.
Apa itu Planet Katai?
Planet katai atau planet kerdil (dwarf planet) adalah kategori baru benda angkasa yang ditetapkan oleh IAU pada tahun 2006.

Planet katai merupakan benda angkasa berukuran cukup besar sehingga berbentuk seperti bola, mengorbit matahari, namun bukan merupakan satelit.

Faktor penting yang membedakan planet dengan planet katai adalah bahwa planet harus mampu membersihkan wilayah orbitnya dari puing-puing dan objek lainnya, di mana planet katai tidak mampu melakukannya.

Penemuan Eris (anggota ke-14 tata surya kita) adalah satu satu pendorong International Astronomers Union untuk mendefinisikan ulang istilah “planet.”

Meskipun bernama “planet katai”, objek ini tidak dianggap sebagai bagian dari planet, melainkan termasuk dalam kategori yang berbeda sama sekali.

Referensi:
Langit Selatan - http://langitselatan.com/2010/11/06/apa-itu-planet/
Amazine - http://www.amazine.co/26076/apa-itu-planet-katai-definisi-5-benda-angkasa-anggotanya/
Perbedaan Planet dengan Planet Katai Perbedaan Planet dengan Planet Katai Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/20/2013 08:39:00 AM Rating: 5