Penemuan Obyek Aneh di Cincin Saturnus

Objek aneg di cincin Saturnus. Kredit: NASA/JPL
Info Astronomy - Pada tanggal 15 April 2013, kamera di wahana antariksa Cassini milik Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) memotret obyek aneh di tepi cincin "A" Saturnus.

Carl Murray, astronom di Queen Mary University of London dan anggota tim pencitraan Cassini, melihat itu beberapa hari kemudian.

Dia mengatakan pekan ini di pertemuan American Geophysical Union di San Francisco 2013 bahwa ia secara pribadi tidak pernah melihat sesuatu seperti itu sebelumnya.

Murray adalah orang yang menganalisis obyek aneh ini pada tanggal 19 April, hari yang sama dengan ulang tahun ke-80 ibu mertuanya, ia memutuskan untuk menamai obyek tersebut dengan nama Peggy, untuk menghormatinya.

Obyek ini diperkirakan berdiameter 1 kilometer, sehingga terlalu kecil untuk dilihat melalui kamera Cassini. Apa astronom lihat ini adalah "gangguan" dalam cincin Saturnus.

Tidak ada yang tahu obyek apa yang bernama Peggy ini. Salah satu kemungkinan adalah bahwa obyek itu mungkin bahan pembentuk satelit alami baru untuk planet Saturnus.