Nebula Telur: Pelangi di Luar Angkasa

Nebula Telur. Kredit: NASA, STScl/Aura, JPL
Info Astronomy - Nebula Telur (CRL 2688) adalah nebula bipolar protoplanet yang berjarak sekitar 3000 tahun cahaya jauhnya dari Bumi.

Tidak menemukan bentuk telur pada foto nebula di atas? Fitur telur di nebula ini adalah rangkaian busur cerah dan lingkaran yang mengelilingi bintang pusat.

Lapisan tebal dari gas dan debu yang berserakan di pusat bintang, menghalangi cahaya langsung dari pandangan kita. Itulah yang menjadi awal nama nebula ini nebula Telur.

Berkas cahaya warna-warni layaknya pelangi yang memancar dari bintang dan menerangi debu sebetulnya tidak terlihat.

Munculnya pelangi ini adalah dari pengamatan menggunakan teleskop luar angkasa Hubble. Warna buatan ini menunjukkan bagaimana partikel cahaya memantul ke Bumi. Ke mata kita.

Indahnya alam semesta kita!
Nebula Telur: Pelangi di Luar Angkasa Nebula Telur: Pelangi di Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/04/2013 03:16:00 PM Rating: 5