Mengenang Komet ISON

Mengenang Komet ISON
Komet ISON. Kredit: Damian Peach
Info Astronomy - Lahir di sebuah lingkungan yang berdebu dan bergejolak, komet ISON menghabiskan tahun-tahun awal terbentuknya dengan 'diusir' dari tempat asalnya, Awan Oort.

Sekitar 3 juta tahun SM yang lalu, komet ISON mulai bergerak ke Matahari. Pada tanggal 21 September 2012, ISON ditemukan 2 orang astronom Rusia, membuat namanya terkenal di seluruh dunia.

Komet ISON semakin dekat ke Matahari saat pertengahan tahun 2013 ini, membuat ia mendapatkan predikat "Komet Abad Ini".

Sempat diprediksikan, pada akhir 2013 komet ISON akan nampak secemerlang Bulan Purnama. Namun tragisnya, pada tanggal 28 November 2013, komet ISON harus kalah saat berhadapan dengan Matahari.

Ya, 28 November 2013 adalah titik terdekat komet ISON dengan Matahari kita. Komet ISON yang digadang-gadang menjadi komet cemerlang pun akhirnya musnah.

Pertemuan dekatnya dengan Matahari tidak berjalan mulus. Inti komet ISON tercabik-cabik oleh dahsyatnya atmosfer Matahari.

Kini komet ISON telah menjadi debu, tidak ada lagi "Komet Abad Ini". Namun komet ISON tetap dikenang oleh para astronom, bahkan yang telah dibuat kecewa karena ISON 'batal hadir'.
Mengenang Komet ISON Mengenang Komet ISON Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/03/2013 07:04:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.