Lihat Venus di Puncak Kecemerlangannya Malam Ini

Magnitudo semu. Kredit: SPACE.com
Info Astronomy - Venus -- planet kedua di tata surya -- akan mencapai puncak kecemerlangannya malam ini di langit Barat Daya sekitar beberapa menit setelah Matahari terbenam.

Puncak kecemelrangan Venus adalah hasil dari geometri kosmik. Sebagai planet yang bergerak mengelilingi Matahari, pengamat di Bumi dapat melihat Venus melewati "fase" mirip dengan Bulan.

Kecemerlangan yang kita lihat dari Venus tergantung pada dua hal: fase dan jarak planet Venus dari Bumi. Venus secara logis akan cemerlang pada fase "penuh", seperti Bulan Purnama, tetapi pada waktu itu Venus ada di jarak yang jauh dari kita.

Malam ini, dua faktor kecemerlangan Venus tadi akan seimbang, dan kita akan melihat Venus dengan cahaya yang sangat terang.

Venus tidak dalam fase "setengah" (50 persen diterangi Matahari) atau "baru" (tidak diterangi Matahari), tapi di antara keduanya.

Venus akan diterangi piringannya 26 persen oleh Matahari. Ini adalah "titik Goldilocks", yakni ketika jarak dan fase bergabung untuk menghasilkan puncak kecemerlangan.

Malam ini Venus akan bersinar dengan magnitudo semu -4.9, cukup cemerlang untuk diamati dengan mata telanjang,

Untuk membandingkan, bintang Sirius -- bintang paling terang di langit malam -- memiliki magnitudo -1,4. Bulan Purnama memiliki magnitudo -12,7 dan Matahari memiliki magnitudo -26,8.

Jadi, bagaimana cara mengamati Venus malam ini?
Carilah Bulan Sabit yang muncul di arah Barat di langit sore. Semakin malam, Bulan Sabit bisa digunakan untuk mencari Venus, yang akan tepat di bawah Bulan.

Jika Anda pernah melihat bintang cemerlang sendirian di langit Barat, itulah Venus. Ya, Venus hanya akan nampak bagai bintang kuning keemasan jika dilihat dengan mata telanjang.