Lihat Segitiga Jupiter-Pollux-Procyon Malam Ini

Segitiga Jupiter-Pollux-Procyon. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Jika malam ini cerah, Anda bisa menemukan cemerlangnya Planet Jupiter di antara bintang-bintang ekuator.

Jupiter akan nampak bagai bintang kuning cemerlang di langit. Malam ini ia akan membentuk segitiga di langit bersama bintang Pollux dan Procyon.

Pollux adalah bintang raksasa jingga yang berada pada jarak 34 tahun cahaya dari Bumi, berada di rasi bintang Gemini.

Pollux termasuk bintang tercerah di langit malam, juga tercerah di rasi bintang Gemini, jika dibandingkan dengan "kembarannya" (α Gem). Pada tahun 2006, Pollux dikonfirmasi memiliki planet.

Planet yang mengorbit Pollux bernama Pollux b, berada pada jarak 1.64 AU dengan periode orbit 590 hari. Karena Pollux dianggap memiliki massa lebih besar daripada Matahari, Pollux b diperkirakan memiliki massa 2.3 kali Jupiter.

Lain halnya dengan Procyon. Procyon adalah bintang paling terang di rasi Canis Minor. Dengan mata telanjang tampak sebagai bintang tunggal dengan magnitudo tampak 0,34.

Procyon sebenarnya adalah sebuah sistem bintang ganda yang terdiri dari sebuah bintang deret utama dengan kelas spektrum F5 IV-V, dinamai Procyon A, dan sebuah katai putih dengan kelas spektrum DA yang dinamai Procyon B.

Pada jarak 3,5 parsec atau 11,41 tahun cahaya, Procyon menjadi salah satu bintang tetangga Matahari. Tetangga terdekat Procyon adalah Bintang Luyten, pada jarak 0,34 pc atau 1,11 tahun cahaya.

Segitiga Jupiter-Pollux-Procyon ini bisa diamati mulai pukul 21.00 waktu setempat dengan mata telanjang. Terbit di Timur dan bergerak semu ke Barat. Selamat mengamati!