Lihat Planet Venus Pada Puncak Kecemerlangannya

Venus di langit malam. Kredit: Adi Muhammad Ishak
Info Astronomy - Banyak yang bertanya: objek cemerlang apa yang muncul di langit Barat saat Matahari terbenam? Itu adalah Planet Venus. Obyek cemerlang ketiga di langit Bumi, setelah Matahari dan Bulan.

Bagi Anda yang sudah pernah melihat Venus di langit senja, tentu menjadi hal yang mengagumkan. Venus terlihat begitu cemerlang, dan kadang menjadi satu-satunya 'bintang' paling cemerlang di langit.

Ya, kenampakan Venus di langit Bumi hanya menyerupai sebuah bintang berwarna kuning keemasan. Ini dikarenakan jarak Venus dan Bumi yang sangat jauh.

Kabar baiknya, pada 6 Desember 2013 mendatang. Planet Venus akan mencapai puncak kecemerlangannnya. Venus akan lebih cemerlang dari biasanya.

Kapan kita bisa melihat Venus? Planet Venus dapat dengan mudah ditemukan di langit. Beberapa menit setelah Matahari terbenam, Venus akan berada di arah Matahari terbenam tersebut.

Venus mungkin akan terlihat agak menakutkan saat puncak kecemerlangannya. Banyak orang melaporkan Venus sebagai UFO. Ada juga beberapa cerita dalam sejarah militer tentang orang-orang salah mengira Venus adalah mata-mata musuh.

Seberapa cemerlang planet Venus? Venus akan memiliki magnitudo -3.9 sampai -4.9. Semakin negatif sebuah magnitudo, semakin cemerlang. Matahari kita misalnya, memiliki magnitudo -26!

Venus terlihat cemerlang karena merupakan planet terdekat dengan Bumi, dan lagi karena permukaannya ditutupi dengan awan yang sangat reflektif.

Mengapa Venus memiliki puncak kecemerlangan? Venus adalah planet, seperti Bumi, ia juga mengelilingi Matahari. Letak orbitnya ada di planet dalam, ia lebih dekat ke Matahari.

Venus mencapai puncak kecemerlangannya ketika diterangi sebagian atau sekitar seperempat (25%) diterangi oleh sinar Matahari. Jadi bukan saat fase full-nya

Jadi, jangan lewatkan pertunjukan langit ini. Planet Venus bisa diamati dengan mata telanjang, bahkan saat siang hari sekalipun. Pastikan cuaca cerah dan langit tidak berawan apalagi hujan ya!

1. Bagaimana mengamati venus pada siang hari bolong, apakah dia bisa nampak, apa tidak kalah dengan sinar matahari ?