Lihat Hujan Meteor Pertama di 2014

Lihat Hujan Meteor Pertama di 2014
Titik radian hujan meteor Quadrantid. Kredit: David Dickinson
Info Astronomy - Pernah mendengar tentang hujan meteor Quadrantid? Mungkin sebagian orang belum, karena hujan meteor tahunan ini begitu singkat namun intens terjadi pada hari-hari awal Januari.

Udara dingin yang dirasakan pengamat meteor karena musim dingin pun menjadi salah satu hujan meteor ini jarang diamati.

Hujan meteor Quadrantids -- kadang-kadang hanya disebut sebagai "Quad" -- akan berlangsung pada 1-6 Januari 2014, namun puncaknya pada 4 Januari 2014 sekitar pukul 02:30 WIB.

Diprediksi hujan meteor Quadrantid akan mencapai intensitas 10-20 meteor per jam untuk tahun 2014 ini. Bisa diamati di dekat dari bintang Bootes, rasi bintang Ursa Major dan rasi bintang Draco atau yang disebut Kwadran Muralis.

Sumber dari hujan meteor Quadrantid sebelumnya tidak diketahui, sampai astronom Peter Jenniskens mengusulkan bahwa debris dari asteroid 2003 EH1 adalah sumber utamanya. Bumi melintasi debris tersebut dan munculah sebagai meteor di langit.

Pastikan langit cerah mulai malam ini. Hujan meteor Quadrantid bisa diamati dengan mata telanjang di seluruh wilayah Indonesia.

Selamat mengamati!
Lihat Hujan Meteor Pertama di 2014 Lihat Hujan Meteor Pertama di 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/31/2013 03:24:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.