Lihat Cemerlangnya Bintang Rigel dan Bintang Betelgeuse

Lihat Cemerlangnya Bintang Rigel dan Bintang Betelgeuse
Rasi bintang Orion. Kredit: Earthsky.org
Info Astronomy - Kebanyakan sebuah rasi bintang hanya memiliki satu bintang paling cemerlang, tapi rasi bintang Orion punya dua: Rigel dan Betelgeuse.

Bahkan walau ada Bulan di langit, Anda tetap bisa melihatnya di arah Timur sekitar jam 21.00 waktu setempat.

Rigel dan Betelgeuse akan berada di sisi berlawanan dari Sabuk Orion -- tiga bintang terang yang berjejer tiga di langit -- yang juga bagian dari rasi bintang Orion. Seperti pada gambar.

Rigel terletak di kaki kiri Orion. Sebuah bintang maharaksasa biru keputihan dan merupakan salah satu bintang paling terang yang diketahui.

Jaraknya dari Bumi hampir 800 tahun cahaya. Rigel akan bersinar lebih cemerlang daripada Venus, yang muncul di langit Barat Daya saat senja beberapa minggu terakhir ini.

Betelgeuse, bintang terang lainnya di Orion. Sebuah maharaksasa merah, jika ia menggantikan Matahari kita sebagai pusat tata surya, diameternya akan mencapai orbit planet Jupiter.

Pada malam yang jika langitnya cerah, Anda mungkin bisa melihat Nebula Orion (M42) di dekat Sabuk Orion.

Selamat mengamati!
Lihat Cemerlangnya Bintang Rigel dan Bintang Betelgeuse Lihat Cemerlangnya Bintang Rigel dan Bintang Betelgeuse Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/08/2013 04:57:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.