Lihat 3 Planet Sekaligus di Langit Sebelum Fajar

Lihat 3 Planet Sekaligus di Langit Pagi
Letak Jupiter, Mars, Saturnus dan Bulan pada 28/12/2013 pukul 4.00. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Jika Anda rajin bangun pagi, Anda bisa melihat 3 planet tata surya sekaligus di langit mulai pukul 04.00 dinihari mulai 28 Desember 2013.

Di langit Tenggara sebelum fajar, akan nampak Jupiter yang menyerupai bintang kuning cemerlang, tepatnya ia berada di rasi bintang Gemini.

Sementara itu, Bulan akan muncul di sekitar planet Saturnus, planet jauh di tata surya yang Anda dapat lihat dengan mata Anda sendiri (Uranus dan Neptunus harus dilihat dengan teleskop karena terlalu redup).

Dan planet ketiga adalah planet Mars, ia akan bersinar di langit tengah arah Selatan sebelum fajar. Ini adalah saat yang indah untuk melihat langit dini hari!

Okultasi Saturnus

Lihat 3 Planet Sekaligus di Langit Pagi
Dekatnya Bulan dan Saturnus pada 29/12/2013 pukul 4.00 WIB. Kredit: Stellarium
Pada Minggu, 29 Desember 2013 akan terjadi okultasi Satunus. Okultasi adalah peristiwa mirip gerhana. Bedanya, pada okultasi yang digerhanai adalah planet/bintang oleh Bulan.

Okultasi Saturnus -- yang benar-benar Saturnus ditutupi Bulan -- bisa diamati di wilayah sekitaran Samudera Hindia, lepas pantai Selatan India. Di Indonesia, kita hanya akan melihat Saturnus di dekat Bulan.

Kenampakan Saturnus di dekat Bulan akan nampak seperti gambar (kedua) di atas. Saturnus dan Bulan bisa dilihat dengan mata telanjang di langit Timur.

Pastikan langit cerah saat pengamatan. Selamat mengamati!
Lihat 3 Planet Sekaligus di Langit Sebelum Fajar Lihat 3 Planet Sekaligus di Langit Sebelum Fajar Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/27/2013 02:34:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.