Komet ISON Lenyap, Giliran Komet Lovejoy Menampakan Diri

Komet Lovejoy. Kredit: Space Weather
Info Astronomy - Komet ISON telah lenyap. Sehingga komet ISON tidak mungkin lagi untuk menjadi komet cemerlang di langit kita.

Tapi, ada komet lain yang telah muncul diam-diam -- tapi tampak -- di langit menjelang fajar pada bulan Desember 2013 ini

Bernama C/2013 R1 (Lovejoy), sudah terlihat dengan mata telanjang pada tanggal 1 November 2013. Ia juga sudah berada pada titik terdekatnya dengan Bumi pada 19 November 2013 pada jarak 59 juta km.

Komet ISON berada pada titik terdekat dengan Matahari (disebut perihelion) pada 28 November 2013 yang lalu, sedangkan komet Lovejoy ini yang akan berada perihelion pada 25 Desember 2013.

Banyak telah memotret foto komet Lovejoy. Komet Lovejoy adalah mudah terlihat mata telanjang, ia berada di konstelasi Bootes.

Pada akhir November, Komet Lovejoy akan dekat bagian bawah Big Dipper. Jika Anda dapat menemukan Big Dipper, Anda dapat menggunakannya sebagai titik awal untuk melihat sekilas Komet Lovejoy sepanjang Desember.

Lihat ke timur laut sebelum fajar untuk menemukan Big Dipper. Kemudian ikuti busur Big Dipper sehingga mengarah ke bintang Arcturus.

Setelah Anda menemukan Arcturus, foto-foto dan grafik di bawah ini menunjukkan bagaimana melakukannya.

Langkah pertama, temukan Arcturus.

Langkah 1
Anda membutuhkan peta langit untuk menemukan Arcturus lebih mudah, silakan unduh di sini.

Langkah 2, arahkan pandangan ke bawah Arcturus dan Anda akan temukan komet Lovejoy

Klik gambar untuk memperbesar
Langkah 3, amati terus langit dinihari untuk temukan Lovejoy selama Desember 2013

Klik gambar untuk memperbesar
Intinya: Oke, tidak ada lagi Komet ISON. Dan inilah Komet Lovejoy, dan Anda dapat melihat dengan mata Anda sendiri, syaratnya tentu saja langit yang bebas polusi, tidak berawan dan kesabaran Anda. Bagaimana cara untuk melihat Komet Lovejoy pada Desember 2013? Baca ulang artikel ini.