Kaleidoskop Peristiwa Astronomi 2013

Kaleidoskop Peristiwa Astronomi 2013
Info Astronomy
Info Astronomy - Di tahun 2013, banyak sekali peristiwa astronomi yang sudah terjadi. Mulai dari Bulan Purnama sampai matinya komet ISON.

Berikut kami rangkum semua peristiwa astronomi yang terjadi di 2013 dalam Kaleidoskop Peristiwa Astronomi 2013.

Melintasnya Komet Pan-STARRS
Komet bernama asli C/2011 L4 ini ditemukan pada bulan Juni 2011 dengan menggunakan fasilitas Pan-STARRS 1 Telescope di Haleakala, Hawaii.

Komet ini disebut Pan-STARRS yang dinamai dari fasilitas penemuannya. Pada malam tanggal 12 Maret 2013, komet terletak 4 derajat ke kanan dari sebuah Bulan sabit tipis.

Dan yang paling ditunggu-tunggu para pengamat langit saat itu adalah, komet Pan-STARRS yang berada pada titik terdekat dengan Bumi (45 juta kilometer) pada 10 Maret 2013.

Gerhana Matahari Cincin
9 Mei 2013, Gerhana Matahari Cincin (GMC) ini terlihat di atas Samudera Pasifik, tetapi pada atau segera setelah Matahari terbit, GMC terjadi di bagian utara Australia (dimana itu akan menjadi tanggal 10 Mei 2013) dan ujung timur dari Papua Nugini.

Sayangnya, masyarakat Indonesia tidak dapat menyaksikan GMC ini. Pada titik gerhana terbesar, fase cincin 6 menit akan berlangsung. Hawaii hanya melihat gerhana parsial/sebagian pada pukul 03.48 PM waktu Hawaii.

Supermoon
Pada 23 Juni 2013, Bulan mengalami fase Purnama pada 11.32 GMT, dan hanya 32 menit sebelum itu Bulan tiba pada titik terdekatnya dengan Bumi dengan jarak sekitar 356.991 km.

Bulan purnama besar ini biasa disebut Supermoon. Supermoon tahun ini disambut baik oleh seluruh masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Pengamatan dan dokumentasi Supermoon menjadi hal wajib para astronom amatir saat itu.

Gerhana Matahari Hybrid (GMH)
Inilah gerhana Matahari yang unik. Disebut Hybrid karena yang dilihat berbeda-beda dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

GMH terlihat di wilayah timur Amerika Utara, Karibia, Amerika Selatan bagian utara, Greenland selatan, Samudera Atlantik, Eropa Selatan, Afrika, Madagaskar dan Timur Tengah. Dan sayangnya, saat itu Indonesia tidak bisa mengamatinya.

Saat GMH yang muncul pada 3 November 2013 ini terjadi, Indonesia sedang mengalami malam hari. Otomatis kita (yang di Indonesia) sedang membelakangi Matahari.

Gugurnya Komet ISON 'ditampar' Matahari
Kita tentu masih ingat, komet ISON yang digadang-gadang sebagai 'Komet Abad Ini' ternyata harus gugur saat ia berada di titik terdekatnya dengan Matahari. Walaupun setelah itu hidup lagi, tapi beberapa hari kemudia malah mati.

Komet ISON yang berjarak dekat dengan Matahari hingga kurang dari 1,2 juta kilometer di atas permukaan Matahari membuatnya 'ditampar' oleh angin Matahari yang ganas.

Kini Komet ISON sudah lenyap, hanya sisa-sisa debunya saja yang mungkin jika Bumi melintasinya akan menjadi hujan meteor baru.

Itulah peristiwa-peristiwa astronomi 2013 yang masuk dalam kaleidoskop versi Info Astronomy. Semoga tahun 2014 mendatang kita masih disuguhkan keindahan semesta.

Selamat Tahun Baru 2014!
Kaleidoskop Peristiwa Astronomi 2013 Kaleidoskop Peristiwa Astronomi 2013 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/30/2013 11:18:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.