Jupiter dan Mars akan Terlihat di Langit saat Pergantian Tahun

Letak Jupiter dan Mars saat pergantian tahun. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Merayakan pergantian tahun dengan menyalakan kembang api? Mungkin terlalu biasa. Bagaimana dengan pergi ke tempat yang lapang dan berlangit cerah untuk menikmati pemandangan langit?

Tepat saat pergantian tahun dari 2013 ke 2014 nanti, pukul 00.00 WIB, Rabu (1/1), dua planet akan menghiasi langit dan bisa dilihat dengan mata telanjang bila cuaca memungkinkan.

Salah satu dari planet itu adalah Jupiter. Planet gas raksasa yang juga merupakan terbesar di Tata Surya itu akan tampak dengan magnitudo -2,23. Dengan magnitudo itu, Jupiter bakal tampak terang, tak kalah dengan bintang yang umumnya dilihat.

Planet lain yang terlihat adalah Mars. Tepat pada pukul 00.00 WIB nanti, Mars akan terbit di ufuk timur dengan magnitudo 1,02.

Selain dua planet tersebut, berdasarkan simulasi aplikasi Stellarium, langit malam nanti juga akan diramaikan dengan bintang-bintang paling terang yang bisa dilihat dari Bumi, yakni Sirius, Betelgeuse, dan Aldebaran.

Pemandangan langit itu akan berlangsung hingga fajar. Sekitar pukul 03.00 WIB nanti, akan hadir pula si planet bercincin Saturnus.

Untuk mengetahui lokasi pasti planet-planet tersebut, pengamat bisa mengunduh aplikasi Stellarium. Secara umum, penampakan planet berbeda dengan bintang. Planet akan tampak terang tak berkedip, berbeda dengan bintang.

Bila berminat merayakan tahun baru dengan astronomi, cukup pergi ke tempat dengan langit gelap dan tanah lapang, bawa baju hangat, kamera, serta teman bicara.

Menyusul pemandangan nanti malam, akan ada banyak fenomena astronomi yang bisa dinikmati sepanjang tahun 2014, mulai dari okultasi Jupiter, gerhana Matahari dan Bulan, serta beragam hujan meteor.

(Yunanto Wiji Utomo/KOMPAS.com)