Jika Matahari Menjadi Lubang Hitam, Apa Kabarnya Bumi?

Jika Matahari Menjadi Lubang Hitam, Apa Kabarnya Bumi?
Info Astronomy
Info Astronomy - Lubang hitam hanyalah salah satu dari benda-benda aneh di alam semesta. Lubang hitam adalah obyek di mana ada gravitasi begitu kuat bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri.

Para ilmuwan menyebutnya lubang, tetapi bukan lubang dalam artian sebenarnya. Mereka berisi materi yang terkompresi karena tarikan gravitasi sehingga cahaya pun lenyap dan membuat kita tidak bisa melihatnya. Hitam, gelap.

Itulah sebabnya kita tidak dapat melihat lubang hitam secara langsung. Tapi ilmuwan yakin lubang hitam ada karena perilaku aneh dari materi di alam semesta.

Sebagai contoh, sebuah partikel gas berputar-putar di suatu sudut alam semesta yang hampir secepat kecepatan cahaya, memberikan banyak radiasi energi tinggi.

Lubang hitam memiliki ukuran yang sangat berbeda satu sama lain. Beberapa mengandung sejumlah besar materi, beberapa mengandung jauh lebih sedikit.

Beberapa lubang hitam terbentuk setelah bintang yang sangat besar meledak (dalam astronomi disebut supernova). Lalu, sisa supernova tadi runtuh di bawah beban gravitasinya sendiri dan membentuk obyek super-padat yang disebut lubang hitam.

Bagaimana dengan Matahari?
Matahari kita terlalu kecil untuk berakhir sebagai sebuah lubang hitam. Ia tidak memiliki cukup materi untuk mengerahkan semacam gaya gravitasi pada dirinya sendiri. Hanya bintang yang 10 kali massa Matahari kita yang bisa menjadi lubang hitam.

Lubang hitam adalah sejumlah materi yang diperas menjadi sangat-sangat padat. Jika planet Bumi diperas ke dalam ukuran sebesar kelereng. Bumi kemudian akan menjadi lubang hitam!

Tapi, tarikan gravitasi lubang hitam dari Bumi yang sebesar kelereng tadi hanya bergantung pada massa dan jarak, tidak seberapa besar atau kecil benda tersebut.

Jika Matahari -- entah bagaimana caranya -- dikompresi menjadi lubang hitam, mungkin akan ada perubahan gravitasi di seluruh anggota tata surya termasuk Bumi. Namun, Bumi tidak akan terhisap.

Dalam beberapa tahun terakhir para ilmuwan telah menemukan bahwa banyak galaksi memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya.

Lubang hitam tersebut mungkin memiliki massa 100 juta kali massa Matahari! Para ilmuwan masih mencoba untuk memahami seperti apa dan bagaimana lubang hitam tersebut terbentuk.

Ditulis oleh: Azizah Dwi Liliani, Kontributor Info Astronomy
Jika Matahari Menjadi Lubang Hitam, Apa Kabarnya Bumi? Jika Matahari Menjadi Lubang Hitam, Apa Kabarnya Bumi? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/29/2013 09:08:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.