Jika Langit Malam Tanpa Polusi, Ini yang Kita Lihat

Jika Langit Malam Tanpa Polusi, Ini yang Kita Lihat
Pemandangan asli langit malam. Kredit: Nick Risinger
Info Astronomy - Langit malam yang penuh bintang atau bahkan sampai terlihat sebuah bentangan galaksi Bima Sakti seperti foto di atas, sangat jarang dijumpai di Bumi. Khususnya daerah perkotaan.

Jakarta misalnya. Untuk melihat bintang saja kadang kesulitan karena banyaknya polusi udara dan polusi cahaya yang mencemarkan keindahan langit malam. Sudahkah Anda sadar?

Jika polusi udara (dari asap kendaraan) dan polusi cahaya (dari lampu jalan atau lampu kota) bisa ditekan menjadi lebih sedikit. Akan berbedanya pemandangan langit malam. Tidak percaya?

Ilustrasi Tugu Monas tanpa polusi di langitnya. Kredit: Riza Miftah Muharram
Foto di atas adalah penggabungan foto bentangan galaksi Bima Sakti dan Tugu Monas di malam hari. Dan inilah pemandangan langit malam jika bebas dari polusi udara dan cahaya. Keren? Tentu saja.

Ilustrasi kota Rio de Janeiro tanpa polusi di langitnya. Kredit: Thiery Cohen
Sama halnya dengan kota Rio de Janeiro di Brasil jika langit malamnya tanpa polusi udara dan cahaya. Bentangan galaksi Bima Sakti dan jutaan bintang-bintang bakal terlihat begitu jelas dan menakjubkan.

Hal ini tentu dapat diwujudkan, dengan kesadaran diri akan terlalu banyaknya kita membuat polusi yang lambat laun membuat kehidupan terganggu.

Awal Juli lalu, pemerintah Perancis mengeluarkan undang-undang baru yang mengharuskan kota mematikan lampunya pada malam hari. Sebagaimana diberitakan The Local, situs berita berbahasa Inggris di Perancis, semua gedung dan jalan raya harus mematikan lampu selambat-lambatnya jam 01.00 pagi.

Paris, kota yang mendapat julukan City of Lights juga harus melakukan hal yang sama. Menara Eiffel juga harus mematuhi peraturan ini.

Tujuannya satu, pemerintah Perancis ingin menghemat energi sekaligus mengurangi polusi di perkotaan. Inisiatif positif ini bisa dilakukan oleh semua negara dan kota-kota besar dunia termasuk di Jakarta. 

Walaupun setiap tahun kota-kota besar dunia telah mematikan lampu selama satu jam dengan mengikuti program Earth Hour, namun masih banyak peluang untuk menghemat energi dan mengurangi polusi melalui pengaturan penerangan buatan di perkotaan.

SAVE OUR EARTH FOR BETTER FUTURE!
Jika Langit Malam Tanpa Polusi, Ini yang Kita Lihat Jika Langit Malam Tanpa Polusi, Ini yang Kita Lihat Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/19/2013 12:22:00 PM Rating: 5

1 komentar

  1. wah saya bisa bayangin indahnya jika langit malam tanpa polusi...

    ini saya kasih perbandingan gambarnya :

    https://www.jmu.edu/_images/planetarium/bortle-scale.jpg

    BalasHapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.