Inilah Wajah Bumi 240 Juta Tahun yang Lalu

Inilah Wajah Bumi 240 Juta Tahun yang Lalu
Wajah Bumi saat ini. Kredit: NASA
Info Astronomy - Tahukah jika Bumi yang dulu berbeda dengan Bumi yang sekarang? Perubahan ini berupa benua-benua di Bumi dan keadaan Bumi.

240 juta tahun yang lalu, wajah Bumi tidak seperti pada foto di atas. Tidak seasri saat ini karena sudah banyak pepohonan. Ironisnya, keasrian Bumi justru dirusak oleh penghuninya sendiri; manusia.

Astrobiologis Abel Mendez dari University of Puerto Rico bersama timnya berhasil membuat ilustrasi wajah Bumi pada 240 juta tahun yang lalu. Seperti apa? Berikut hasil kerja mereka:

Bumi panas. Kredit: Dailymail
Pada ilustrasi foto Bumi di atas, sebenarnya terjadi pada masa Azoikum (2500 juta tahun yang lalu). Saat belum ada kehidupan di Bumi karena suhu Bumi masih sangat panas. Bumi terlihat bagai bintang katai coklat saat itu.

Zaman es. Kredit: Dailymail
Sekitar 600 juta tahun yang lalu. Seperti pada foto 'zaman es' di atas lah keadaan planet kita ini. Saat itu disebut zaman Diluvium (zaman es).

Pangea. Kredit: Dailymail
Pangea atau Pangaea adalah super benua yang ada selama era akhir Paleozoikum dan awal Mesozoikum, terbentuk sekitar 240 juta tahun yang lalu.

Pangea mulai retak sekitar 200 juta tahun yang lalu, sebelum komponen benua dipisahkan menjadi konfigurasi mereka saat ini. Pangea dulunya dikelilingi oleh lautan global yang bernama Panthalassa.

Menarik bukan? Sungguh hebat Sang Pencipta Bumi dan Alam Semesta ini.
Inilah Wajah Bumi 240 Juta Tahun yang Lalu Inilah Wajah Bumi 240 Juta Tahun yang Lalu Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/24/2013 07:52:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.