Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Inilah Gugus Galaksi Raksasa di Alam Semesta

Inilah Gugus Galaksi Raksasa di Alam Semesta
Inilah Gugus Galaksi Raksasa di Alam Semesta
Klik untuk memperbesar
Info Astronomy - Citra terbaru dari teleskop luar angkaas Hubble milik NASA menunjukan gugus galaksi dan gugus bintang raksasa secara detail.

Hubble menemukan lebih dari 160.000 kelompok gugus bola di 'samping' gugus galaksi raksasa Abell 1689, yang berjarak sekitar 2,25 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Data observasi baru teleskop Hubble -- yang difokuskan ke pusat gugus galaksi Abell 1689 -- dapat membantu menemukan materi gelap di sekitar gugus galaksi tersebut.

Dengan data dari teleskop yang ditempatkan di orbit Bumi, teleskop Hubble, para astronom memperkirakan luas dari gugus galaksi Abell 1689 adalah 2,4 juta tahun cahaya. 1 tahun cahaya adalah 9,4 triliun kilometer.

Para astronom berharap, teleskop luar angkasa baru milik NASA bernama James Webb Space Telescope (JWST) dapat mengambil foto dari Abell 1689 yang lebih baik dari Hubble.

JWST akan diluncurkan pada tahun 2018 mendatang.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.