Inilah 5 Penemuan Planet Alien Sepanjang Tahun 2013

Inilah 5 Penemuan Planet Alien Sepanjang Tahun 2013
Ilustrasi. Kredit: SPACE.com
Info Astronomy - Tahun 2013 yang segera berakhir akan menjadi tahun yang berkesan bagi para astronom. Khususnya yang bertugas menemukan planet alien atau planet ekstra surya.

Planet ekstra surya adalah planet yang bukan merupakan bagian dari tata surya kita. Letaknya jauh dari tata surya dan maka dari itu bisa disebut planet alien.

Berikut daftar planet alien yang unik yang telah ditemukan para astronom:

1. Planet ekstra surya terkecil
Pada bulan Februari 2013, para astronom mengumumkan penemuan Kepler-37b, planet alien terkecil yang pernah ditemukan di sekitar bintang mirip Matahari.

Planet ini memiliki lebar sekitar 2.400 mil (3.900kilometer), sehingga hanya sedikit lebih besar dari Bulan, satu-satunya satelit alami milik Bumi.

Kepler-37b ditemukan oleh wahana pemburu planet teleskop antariksa Kepler. Planet ini berjarak sekitar 215 tahun cahaya dari Bumi.

Kepler-37b kemungkinan terlalu panas untuk mendukung kehidupan seperti yang kita kenal karena sangat dekat dengan bintang induknya dan hanya membutuhkan waktu sekitar 13 hari untuk menyelesaikan orbit di bintang induknya.

2. Planet ekstra surya paling mirip Bumi
Dalam tahun ini juga, para astronom menemukan planet alien yang paling kembar dengan Bumi dalam hal ukuran dan komposisi. Baca: Planet Lava Seukuran Bumi Ditemukan

Bernama Kepler-78b, hanya 20 persen lebih lebar dan 80 persen lebih besar dari planet kita, dengan kepadatan hampir menyerupai Bumi. Serta terlalu panas untuk mendukung kehidupan (2.000 derajat Celsius).

Planet ini terletak sekitar 400 tahun cahaya dari Bumi dan terletak hanya 1,5 juta km dari bintang induknya serta menyelesaikan satu orbit setiap 8,5 jam.

3. Planet ekstra surya yang memiliki samudera air
Pada bulan April 2013, para astronom mengumumkan penemuan Kepler-62E dan Kepler-62F, dua planet alien yang keduanya mungkin mampu mendukung kehidupan.

Planet alien ini sedikit lebih besar dari Bumi, dan studi pemodelan menunjukkan bahwa masing-masing mungkin memiliki samudera air.

4. Planet ekstra surya yang turun hujan kaca dari atmosfernya
Planet raksasa HD 189733b ditemukan pada tahun 2005, namun para astronom memperoleh informasi terbaru yang menarik tentang planet alien ini tahun 2013 ini.

Pengamatan oleh teleskop luar angkasa Hubble mengungkapkan bahwa planet ekstrasurya HD 189733b berwarna biru, menandai pertama kalinya para astronom melihat langsung warna yang sebenarnya secara langsung.

Warna biru ini diperkirakan sebagai akibat dari hujan kaca cair dalam angin super kencang. Palnet ini cukup panas, di mana suhu siang hari bisa naik ke 900 derajat Celsius.

5. Planet ekstra surya layak huni
Para astronom juga berhasil menemukan sistem tata surya pertama yang terdapat tiga planet dalam zona layak huninya (jarak di mana air cair tidak menguap atau membeku di permukaannya).

Para peneliti telah mengkonfirmasi tiga planet di sekitar bintang Gliese 667C sebelum tahun ini. Tapi pada bulan Juni, para ilmuwan mengumumkan bahwa bintang induknya memiliki setidaknya enam.

Tiga di antara enam planet ekstra surya tersebut dikonfirmasi layak huni oleh para astronom yang memelajarinya.
Inilah 5 Penemuan Planet Alien Sepanjang Tahun 2013 Inilah 5 Penemuan Planet Alien Sepanjang Tahun 2013 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/28/2013 12:48:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.