Hari Ini Titik Balik Matahari

Hari Ini Titik Balik Matahari
Ilustrasi Desember solstis. Kredit: In The Sky
Info Astronomy - Selain menjadi Hari Ibu, pada 22 Desember 2013 juga menjadi titik balik Matahari atau yang disebut Solsitis Desember.

Hal ini akan menandai pergantian dari musim panas ke musim dingin di belahan Bumi Utara, dan sebaliknya di belahan Bumi Selatan.

Pada hari ini, Matahari akan mencapai titik paling selatan di langit. Akibatnya, belahan Bumi Utara akan mengalami hari terpendek dan malam terpanjang. Sebaliknya, belahan Bumi Selatan akan mengalami hari terpanjang dan terpendek malamnya.

Menurut definisi astronomi, saat ini menandai awal musim dingin di belahan Bumi Utara dan musim panas di belahan Bumi Selatan. Indonesia yang ada di ekuator akan mengalami musim hujan.

Pada titik balik matahari Desember matahari muncul di atas kepala pada siang hari ketika diamati dari lokasi di Tropic of Capricorn, pada lintang 23.5°S.

Selamat musim dingin dan musim panas, Earthlings!
Hari Ini Titik Balik Matahari Hari Ini Titik Balik Matahari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/22/2013 08:27:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.