FOTO: Komet Lovejoy dan Aurora

FOTO: Komet Lovejoy dan Aurora
Komet Lovejoy dan Aurora. Kredit: David Cartier, Sr.
Info Astronomy - Mengamati komet, tidak semua orang bisa, apa lagi ditambah dengan pemandangan aurora hijau yang menari-nari di langit. Indahnya!

Itulah yang diamati dan diabadikan oleh David Cartier. Astrofotografer asal Kanada ini berhasil memotret komet Lovejoy dan indahnya aurora di langit Whitehorse, Kanada pada 5 Desember 2013.

David mengabadikan komet Lovejoy dan aurora dengan kamera Canon 5D dengan Soviet Jupiter 37, 135mm f3.5 lens, eksposur 200 sekon.

Komet Lovejoy yang bernama asli C/2013 R1 ini sudah bisa dilihat dengan mata telanjang pada tanggal 1 November 2013. Ia juga sudah berada pada titik terdekatnya dengan Bumi tanggal 19 November 2013 pada jarak 59 juta km.

Untuk mengamati komet Lovejoy, Anda harus bangun pukul 4 dinihari. Lihat arah Timur Laut dan temukan rasi bintang Bootes.

Di sana, ada bintang paling cemerlang bernama Arcturus, dan letak komet Lovejoy adalah di dekat bintang Arcturus. Tapi jangan berharap bisa melihat aurora, karena aurora hanya terjadi di wilayah kutub Bumi saja.
FOTO: Komet Lovejoy dan Aurora FOTO: Komet Lovejoy dan Aurora Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/06/2013 06:02:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.