Bulan Purnama Mini Bersinar Malam Ini

Bulan Purnama dan siluet pesawat terbang. Kredit: Mayer Skin
Info Astronomy - Bulan Purnama terakhir dan terkecil tahun 2013 ini akan muncul nanti malam (17/12). Bulan masuk fase Purnama pada pukul 16.28 WIB pada 17 Desember 2013.

Untuk mengamati Bulan Purnama mini ini, wilayah Indonesia bisa melihatnya mulai pukul 18.00 waktu setempat di langit arah Timur.

Dan karena Bumi berotasi dan Bulan berevolusi, maka kedudukan Bulan tidak akan diam di Timur saja. Bulan tepatnya akan berada di rasi bintang Taurus malam ini.

Setelah Supermoon pada 31 Juli 2013 yang lalu, malam ini Bulan akan nmapak kecil. Ini disebabkan jarak Bulan yang sedang berada pada titik terjauh dengan Bumi. Atau dalam astronomi, ini disebut apogee.

Bulan Purnama malam ini juga menjadi Bulan Purnama terakhir di tahun 2013, sebab Bulan Purnama berikutnya akan muncul pada pertengahan Januari 2014 mendatang.

Pengamatan Bulan bisa dengan mata telanjang, magnitudo semunya mencapai -12 membuatnya sangat cemerlang di langit. Obyek cemerlang kedua di langit Bumi setelah Matahari.

Jika memiliki teleskop, Anda bisa mengamati Bulan semalaman. Karena Bulan akan hadir 12 jam, dari pukul 18.00 sampai besok pagi pukul 06.00.