Bulan Bertemu Planet Mars Malam Ini

Bulan dan Mars di Timur (25/12/2013 1:00). Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Bulan 'tua' akan berdekatan dengan Planet Mars selama beberapa hari kedepan di langit dinihari. Bulan dan Mars muncul setelah tengah malam pada pagi hari tanggal 25, 26 dan 27 Desember 2013.

Mereka akan perlahan naik dari horison Timur selama jam-jam antara tengah malam sampai menjelang Matahari terbit. Mereka bisa dilihat dengan mata telanjang di seluruh dunia.

Mars akan terlihat bagai bintang merah yang paling mencolok di antara bintang lainnya. Tahun 2014 akan menjadi tahun yang terbaik untuk melihat si Planet Merah.

Saat ini, Mars bersinar di depan konstelasi Virgo, dekat bintang cemerlang di rasi bitang Virgo, yang bernama Porrima.

Jika Anda tidak dapat melihat Porrima atau Mars dengan mata telanjang karena polusi cahaya, coba observasi menggunakan binokuler atau teleskop.

Mars dan bintang Porrima akan terlihat di bidang yang sama dalam pandangan binokuler atau teleskop dari sekarang sampai seminggu atau lebih setelah tahun baru.

Saat ini, Mars berada di sebelah barat Porrima, namun pada akhir tahun 2013, Mars akan pindah ke timur dari bintang ini. Hal ini terjadi karena gerak orbit Mars.

Kemudian, sebagai pembuka awal tahun, planet Mars akan berpasangan dengan Spica, bintang paling terang di rasi bintang Virgo, tepatnya pada akhir Januari 2014.

Jadi, amatilah Mars selama seminggu ini, Bulan akan menjadi pemandu Anda untuk melihat Mars. Mars akan berdekatan dengan Bulan setelah tengah malam (pada tanggal 25 Desember).