Bakal ke Luar Angkasa, Rizman Ingin Harumkan Indonesia

Bakal ke Luar Angkasa, Rizman Ingin Harumkan Indonesia
Astronot legendaris Amerika, Buzz Aldrin (kiri) dan calon astronot Indonesia, Rizman (kanan).
Info Astronomy - Rizman Adhi Nugraha akan menjadi astronot atau tepatnya turis antariksa asal Indonesia pertama yang diberangkatkan pada tahun 2015 mendatang.

Pemuda asal Bangka Belitung ini dinobatkan sebagai salah satu dari 24 pemenang kompetisi AXE Apollo Space Academy di Florida, Amerika Serikat.
 
Sebagai pemenang, Rizman, yang lolos setelah berkompetisi melawan lebih dari 100 finalis dari 61 negara, bakal ke antariksa pada tahun 2015, dengan XCOR Aerospace Lynx, sebuah pesawat luar angkasa komersial.

Para juri yang salah satunya adalah astronot legendaris Amerika yang pernah mendarat di Bulan bersama Neil Armtrong yang bernama Buzz Aldrin, mengumumkan kemenangannya di Kennedy Space Center, Florida.

Ahli komputer berusia 24 tahun ini mengaku masih belum percaya bahwa ialah yang terpilih sebagai orang Indonesia pertama yang akan melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Apalagi serangkaian tes berat di kompetisi tingkat nasional juga di tingkat ineternasional harus dijalaninya. Tes-tes itu meliputi uji fisik, psikologi, bahasa Inggris, dan beberapa kegiatan yang menantang nyali, seperti terbang menumpangi pesawat tempur SIAI Marchetti SF260.

“Situasi kompetitif sangat terasa. Peserta dari negara lain badannya lebih besar, tapi saya positif thinking, karena saya yakin kemampuan saya tidak kalah dengan peserta dari negara lain," kenang Rizman.

Sambil menunggu keberangkatannya ke luar angkasa pada tahun 2015, Rizman yang bercita-cita menjadi pengusaha ini bertekad untuk meningkatkan ketahanan fisiknya dengan lebih rajin berolahraga.

Saat ini ia belum tahu misi spesial apa yang akan dibawanya ke luar angkasa, tetapi dirinya bertekad untuk mendokumentasikan semua kegiatannya nanti untuk bisa dibagikan kepada masyarakat Indonesia.

“Saya ingin mengharumkan nama bangsa Indonesia dan membanggakan orangtua, serta tanah kelahiran saya, Belitung,” ujar Rizman.
Bakal ke Luar Angkasa, Rizman Ingin Harumkan Indonesia Bakal ke Luar Angkasa, Rizman Ingin Harumkan Indonesia Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/29/2013 07:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.