Aurora Penuh Warna Membakar Langit Malam Swedia

Aurora Penuh Warna Membakar Langit Malam Swedia
Aurora di langit wilayah utara Swedia. Kredit: Chase The Light Tours
Info Astronomy - Menakjubkan! Mungkin itu kata pertama Anda saat melihat foto aurora penuh warna di atas. Memang, kecantikan aurora selalu membuat orang yang melihatnya merasa takjub.

Aurora penuh warna yang dipotret oleh astrofotografer Marriane Bergli pada malam 23 Desember 2013 ini begitu cantik. Perpaduan warna hijau kekuningan dengan warna ungu-jingga membuat mata enak untuk melihatnya.

Warna aurora-aurora tersebut terbentuk dari partikel bermuatan dari Matahari yang disebut plasma membentur atmosfer planet Bumi kita. Saat bertemu nitrogen, cahaya ungu muncul. Sedangkan cahaya hijau dari oksigen.

Aurora hanya muncul di langit sekitaran wilayah kutub Utara dan kutub Selatan Bumi saja. Ini karena plasma yang membentur atmosfer akan tertarik oleh medan magnet Bumi (yang ada di kedua kutub).

Karena tarikan tadi, cahaya hanya muncul di kedua kutub Bumi. Indonesia yang ada di wilayah ekuator atau khatulistiwa tidak bisa melihat indahnya aurora di langit secara langsung.
Aurora Penuh Warna Membakar Langit Malam Swedia Aurora Penuh Warna Membakar Langit Malam Swedia Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/25/2013 01:42:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.