Astronom Temukan Planet yang Sebenarnya Tidak Ada

Astronom Temukan Planet yang Sebenarnya Tidak Ada
Ilustrasi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sebuah tim astronom telah menemukan sebuah planet yang mengorbit sangat jauh dari bintang induknya (bintang induk Bumi: Matahari).

Planet yang mengorbit bintang induknya paling jauh dari planet lain saat ini ditemukan dan penemuan ini membingungkan ilmuwan serta menggoyahkan teori pembentukan planet yang ada saat ini.

Temuan ini diterbitkan dalam Astrophysical Journal Letters yang mengatakan bahwa planet HD 106906b mengorbit bintang induknya pada jarak 650 kali jarak Matahari-Bumi (150 juta kilometer).

Menurut teori pembentukan planet yang lain, planet-planet raksasa terbentuk sangat cepat, lahir dari runtuhnya material cakram yang ada di sekitar bintang.

Namun cakram purba jarang mengandung massa yang cukup untuk membentuk planet di tempat yang jauh seperti tempat planet ini ditemukan.

Ada kemungkinan bahwa kasus sistem HD 106906 ini bintang dan planet runtuh secara terpisah dari gumpalan gas.

Tapi untuk beberapa alasan, gumpalan planet kuno ini mengalami 'kelaparan' material dan tidak pernah tumbuh cukup besar untuk melakukan pembakaran nuklir dan menjadi bintang.

Planet ini memiliki berat 11 kali massa Jupiter dan berusia 13 juta tahun. Para astronom mengatakan planet ini masih bersinar dari sisa panas pembentukannya, memancarkan sebagian besar energinya dalam inframerah dari pada cahaya tampak.
Astronom Temukan Planet yang Sebenarnya Tidak Ada Astronom Temukan Planet yang Sebenarnya Tidak Ada Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/08/2013 08:17:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.