Ada Hujan Meteor di Malam Tahun Baru

Titik radian di rasi bintang Bootes di langit Utara. Kredit: In The Sky
Info Astronomy - Hujan meteor Quadrantid akan mencapai tingkat aktivitas maksimum pada tahun baru 2014 nanti.

Beberapa meteor cemerlang akan terlihat di malam hari mulai tanggal 1 Januari - 6 Januari 2014, tapi puncak terbaik untuk mengamatinya adalah mulai tengah malam pada 4 Januari 2014.

Intensitas meteor yang diperkirakan akan terlihat dari lokasi langit gelap adalah 80 meteor/jam (ZHR). Bulan akan berusia 3 hari pada saat aktivitas puncak, cahayanya tidak mengganggu pengamatan kita.

Namun walaupun Bulan tidak mengganggu, justru kita sendiri yang melakukannya. Yakni kembang api yang pastinya ramai saat malam tahun baru, membuat pengamatan hari pertama akan sangat terganggu.

Hujan meteor Quadrantid ada pada kenaikan di sekitar 14h54m06s, deklinasi +50°00'00". Semua meteor pada Quadrantid akan muncul di rasi bintang Bootes seperti pada gambar di atas.

Bisa dilihat dengan mata telanjang di seluruh Indonesia selama langit cerah tak berawan. Pengamatan hujan meteor yang bagus adalah mulai tengah malam hingga fajar.

Baca tips mengamati hujan meteor di sini.

Selamat mengamati!
Ada Hujan Meteor di Malam Tahun Baru Ada Hujan Meteor di Malam Tahun Baru Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/25/2013 09:37:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.