Inilah 10 Bintang Tercerlang di Alam Semesta

10 Bintang Tercerlang di Alam Semesta
Bintang-bintang di alam semesta. Kredit: ESA
Info Astronomy - Para astronom telah membuat katalog berisi 40 bintang tercerlang di langit malam yang ada di alam semesta yang diketahui saat ini.

Di bawah ini, akan diuraikan 10 bintang tercerlang di langit malam saja yang ada di dalam katalog 40 bintang tercerlang tadi. Bintang apa saja, sih?

10. Archenar
Juga disebut Alpha Eridani, merupakan bintang tercerah di rasi bintang Eridanus. Berwarna biru tipe B yang terletak pada jarak 144tahun cahaya dari Bumi. Meskipun digolong sebagai bintang katai, bintang ini memiliki kecemerlangan 3,000 kali Matahari.

9. Betelgeuse
Juga disebut Alpha Orionis, adalah bintang yang terletak 427 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini merupakan bintang paling terang kedua di rasi bintang Orion dan bintang paling terang kesembilan pada langit malam.

8. Procyon
Merupakan salah satu bintang tetangga Matahari. Terletak 11,4 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan bintang ganda.

7. Rigel
Rigel merupakan bintang ke-7 yang paling cerlang di langit malam. Letaknya di rasi bintang Orion dan berjarak 800 tahun cahaya dari Bumi. Rigel adalah bintang panas dengan warna biru keputihan.

6. Capella
Capella adalah bintang tercerlang keenam di langit malam dan tercerlang ketiga di langit utara setelah Arcturus dan Vega. Meskipun terlihat sebagai satu bintang, sebenarnya bintang ini terdiri dari dua bintang ganda. Pasangan pertama merupakan bintang raksasa tipe G (type-G giant stars), keduanya terpisah sejarak 10000 SA.

5. Vega
Vega adalah bintang paling terang di rasi Lyra, bintang paling terang ke lima di langit malam, bintang paling terang kedua di belahan langit utara setelah Arcturus, dan merupakan "bintang tetangga" Matahari pada jarak 25,3 tahun cahaya.

4. Arcturus
Arcturus adalah bintang paling terang di rasi Boötes, dan bintang paling terang ke-4 di langit malam, dengan magnitudo tampak −0.05, setelah Sirius dan Canopus. Tetapi jika sistem bintang Alpha Centauri dianggap sebagai satu obyek, maka predikat tersebut harus diberikan kepada Alpha Centauri.

3. Alpha Centauri (Rigil Kent)
Rigil Kent adalah bintang paling cerah dalam rasi Centaurus. Walaupun tampak seperti satu titik dilihat dengan mata telanjang, bintang ini sebenarnya adalah sistem tiga bintang.

Alpha Centauri adalah sistem bintang terdekat dari tata surya kita, dengan jarak 4,2 sampai 4,4 tahun cahaya. Karena itu banyak cerita fiksi ilmiah membayangkan suatu hari manusia akan pergi ke sana.

2. Canopus
Canopus adalah bintang paling terang di rasi Carina, dan merupakan bintang paling terang kedua di langit malam, setelah Sirius, dengan magnitudo tampak −0.72.

1. Sirius
Sirius adalah bintang paling terang di langit malam, dengan magnitudo tampak −1.47. Bintang ini terletak di rasi Canis Major dan merupakan sistem bintang ganda dengan komponen primer bintang deret utama kelas A dan komponen sekunder sebuah katai putih.

Sirius dapat dilihat hampir di semua tempat di permukaan Bumi kecuali oleh orang-orang yang tinggal pada lintang di atas 73,284° utara.

Saat terbaik untuk dapat melihat bintang ini adalah sekitar tanggal 1 Januari, di mana dia mencapai meridian pada tengah malam.
Inilah 10 Bintang Tercerlang di Alam Semesta Inilah 10 Bintang Tercerlang di Alam Semesta Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/15/2014 04:56:00 PM Rating: 5

2 komentar

  1. Min mau tanya nah nentuin koordinat bintangnya bisa pake aplikasi PC atau mobile gt gk? kayak Google Maps gt tp peta angkasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kak coba aja cari applikasi yang namanya stellarium :)

      Hapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.