Video: Komet ISON dari Luar Angkasa

Video: Komet ISON dari Luar Angkasa
Komet ISON (dan komet Encke) dari luar angkasa. Kredit: NASA
Info Astronomy - Wahana antariksa STEREO-A milik NASA menjadi alat pemantau komet ISON saat mendekati Matahari.

Video terbaru dari STEREO-A diambil menggunakan kamera bernama Heliospheric Imager yang ternyata juga menangkap citra Bumi, Merkurius dan komet Encke.

Dalam video, yang mencakup periode dua hari dari 20-22 November 2013, posisi Matahari ada di sebelah kanan layar.

"Pertikel angin surya terdeteksi dalam video, dan ini adalah apa yang menyebabkan riak yang Anda lihat pada ekor kedua komet," jelas Karl Battams, pengamat komet ISON dari NASA.

Meskipun kedua komet menerima angin surya yang sama, riak ekornya berbeda. "Encke memiliki sejenis gelombang panjang di bagian ekor, sedangkan ISON tampaknya hampir seperti tiupan frekuensi tinggi," kata Battams .

Menurut Battams, komet ISON berada lebih dekat dengan Matahari dibanding dengan dekatnya komet Encke ke Mataharo. Hal inilah yang juga membuat ekor ISON lebih besar.

Berikut videonya:

Video: Komet ISON dari Luar Angkasa Video: Komet ISON dari Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/25/2013 02:12:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.