Venus, Bulan dan Jupiter Paling Cemerlang Malam Ini

Kenampakan planet Venus di senja. Kredit: Dwi Sania
Info Astronomy - Malam ini di seluruh dunia, ada Bulan, Venus dan Jupiter yang menerangi langit malam pada hari Rabu, 20 November 2013. Namun, Anda tidak bisa melihat semuanya pada waktu yang sama.

Venus, benda langit paling terang setelah Matahari dan Bulan, muncul di langit hal Barat pada sore hari. Venus bersinar akan menyerupai bintang paling cemerlang.

Bulan yang dalam fase Bulan Bungkuk akan terbit di Timur Laut. Satu jam setelah Bulan terbit, maka planet terbesar di tata surya, Jupiter, akan terbit juga.

Setelah Bulan dan Jupiter naik ke langit berbintang, keduanya akan nampak di langit hingga Matahari terbit. Mereka membubung tinggi di langit sekitar pukul 3 sampai 4 pagi waktu setempat.

Intinya, carilah Venus di Barat Daya setelah Matahari terbenam. Anda boleh tidur, lalu besok dinihari bisa mencari Bulan dan Jupiter di langit tengah.

Fakta menarik
Walaupun Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya, kenampakannya di langit hanya akan menyerupai bintang berwarna kuning. Berlaku juga untuk semua planet. Ini karena jarak mereka jauh dari Bumi.