Venus, Bima Sakti dan ISS Menghiasi Langit Tahun Baru Hijriyah

Venus (bintang bersinar di kiri atas), bentangan Bima Sakti dan ISS pada 4/11. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Sebentar lagi, tepatnya saat adzan Maghrib tiba, umat Islam akan merayakan pergantian tahun Hijriyah dari 1434 H menjadi 1435 H. Ada yang menarik di awal-awal tahun baru ini. Apa itu?

Dua objek cemerlang dan 1 objek redup akan menghiasi langit selepas Maghirb atau mulai pukul 18.40 waktu setempat.

Objek-objek itu adalah Planet Venus, ISS dan bentangan Galaksi Bima Sakti. Lalu, bagaimana cara kita melihatnya? Apa bisa diamati di Indonesia? Karena Info Astronomy di Indonesia, informasi ini tentu bisa dinikmati di Indonesia.

Menemukan Planet Venus, Si Bintang Kejora

Planet Venus adalah planet di tata surya yang terdekat dengan Bumi dibandingkan dengan dekatnya Bumi dengan Mars. Jaraknya adalah 0,7 SA (Satuan Astronomi).

Planet ini terlihat di langit Barat selepas Matahari terbenam. Ia merupakan objek langit tecemerlang ketiga di langit setelah Matahari dan Bulan. Pernah melihat bintang cemerlang di Barat saat senja akhir-akhir ini? Ya, itu dia Venus.

Menemukan ISS

ISS adalah International Space Station atau dalam Bahasa Indonesia berarti Stasiun Luar Angkasa Internasional. ISS mengorbit Bumi tiap 90 menit sekali.

ISS bisa terlihat di langit gelap dengan tingkat polusi udara yang kecil dengan mata telanjang pada saat-saat tertentu. Misalnya, senja ini.

Kenapa ISS bisa terlihat? Ini karena ia disinari Matahari. Untuk menemukannya, ciri-cirinya adalah nampak seperti bintang yang bergerak lumayan cepat. Jadwal melintasnya di Indonesia, silakan lihat jadwalnya di sini.

Menemukan Bentangan Galaksi Bima Sakti

Nah, ini dia yang paling sulit untuk diamati. Tapi sebelumnya, apakah Anda masih bingung kenapa kita bisa melihat galaksi Bima Sakti padahal kita berada di dalamnya?

Begini, apakah Anda bisa melihat isi rumah Anda di dalam rumah Anda sendiri? Nah, kita bisa melihat sebagian galaksi Bima Sakti di dalam galaksi Bima Sakti.

Untuk melihatnya, memang tidak bisa dengan mata telanjang. Terlalu redup. Maka direkomendasikan menggunakan kamera DSLR dengan teknik fotografi. (Jika Anda punya DSLR, Anda pasti mengerti bagaimana mengambil gambarnya)

Galaksi Bima Sakti akan membentang seperti pada ilustrasi di atas. Cuaca harus cerah dan tidak berawan apa lagi hujan. Kenampakan Bima Sakti bukan seperti awan.

Segenap pengurus Info Astronomy mengucapkan selamat mengamati dan selamat tahun baru Hijriyah 1435 H. Maju terus Astronomi Indonesia! :)