Yuk, Amati Galaksi Andromeda Malam Ini!

Temukan Galaksi Andromeda Malam Ini
Galaksi Andromeda. Kredit: NASA
Info Astronomy - Galaksi Andromeda, siapa yang tak kenal dia. Galaksi ini adalah galaksi spiral terdekat dengan Bima Sakti. Jaraknya sekitar 2,54 juta tahun cahaya. 1 tahun cahaya sama dengan 9,4 triliun kilometer.

Karena jaraknya yang dekat --setidaknya dalam jarak astronomis-- galaksi Andromeda bisa diamati di langit malam. Baik dengan alat bantu maupun mata telanjang.

Sebagai permulaan, cobalah untuk memindai galaksi Andromeda di langit malam ini. Galaksi Andromeda bisa diamati mulai pukul 19.00 waktu setempat di langit arah Utara.

Di langit yang benar-benar gelap, Anda mungkin melihatnya. Jika ini pertama kalinya, Anda membutuhkan peta langit [Unduh di sini]. Galaksi Andromeda akan terlihat seperti pita samar-samar di langit.

Tetapi, bagaimana jika Anda tidak dapat menemukan galaksi Andromeda hanya dengan melihat di langit gelap? Beberapa astronom melakukan pengamatan melalui bantuan rasi bintang Cassiopeia.

Temukan Galaksi Andromeda Malam Ini
Letak galaksi Andromeda dibantu rasi bintang Cassiopeia. Kredit: Stellarium
Cassiopeia muncul di langit Timur Laut pada pukul 19.00 waktu setempat. Ia akan meninggi ke Utara sebagai akibat dari rotasi Bumi.

Perhatikan bahwa satu setengah dari "W" (bentuk rasi bintang Cassiopeia) yang lebih dalam berlekuk dari setengah bagian lainnya. Terbentuklah "V", ini adalah "panah" di langit, menunjuk ke galaksi Andromeda.

Ingat, di malam yang benar-benar gelap dan tanpa polusi cahaya, galaksi Andromeda hanya tampak seperti pita samar.

Setelah Anda menemukannya, coba lagi amati dengan teleskop. Dan lihatlah keajaiban di sana!

Catatan:
Untuk mengamati Galaksi Andromeda, Anda harus berada di daerah yang langitnya bebas polusi udara maupun polusi cahaya. Daerah perkotaan mungkin akan sangat sulit mengamatinya.

1. apakah malam ini masih bisa terlihat juga ya?