Stasiun Luar Angkasa Internasional Ulang Tahun ke-15

Stasiun Luar Angkasa Internasional Ulang Tahun ke-15
Stasiun Luar Angkasa Internasional di orbit Bumi. Kredit: ESA
Info Astronomy - Seperti apa pemandangan Bumi dari luar angkasa? Apakah ada kemungkinan bahwa manusia bisa tinggal di luar angkasa dalam waktu lama dengan selamat?

Salah satu alasan pembangunan ISS (International Space Station – Stasiun Luar Angkasa Internasional) adalah untuk menjawab pertanyaan seperti di atas. Tentu saja, kita masih harus bersabar untuk memperoleh jawaban yang memuaskan dari eksperimen-eksperiman yang dilakukan di ISS.

Meluncur pada 20 November 1998, namun ISS baru diawaki secara permanen sejak 2 November 2000. Selama 15 tahun itu, stasiun canggih ini telah didatangi, dihuni, dan ditinggalkan oleh ratusan astronot, dengan kerjasama 16 bangsa.

Oleh karena itu stasiun ini pernah dijuluki “zero gravity United Nations” (Perserikatan Bangsa-bangsa Gravitasi Nol).

Mengingat apa yang telah dilakukannya selama ini, ISS memang telah menjadi simbol bagi kerjasama internasional dan persatuan seluruh dunia.

Berdasarkan program luar angkasa NASA yang baru, stasiun antariksa yang bernilai total $100 juta ini diharapkan akan terus beroperasi hingga 2020.

Kini, ISS secara praktis hampir lengkap. Panjangnya hampir sama dengan lapangan rugby dan memiliki volume ruangan sama dengan Boeing 747 jumbo jet.

Tangguh
ISS pernah menghadapi banyak masalah. Masalah paling besar adalah kecelakaan pesawat ulang-alik Columbia pada 2003 – dan penundaan semua penerbangan antariksa hingga 2,5 tahun berikutnya.

Kecelakaan Columbia menghambat proses pembangunan ISS karena hanya pesawat itulah yang sanggup membawa komponen-komponen yang paling besar untuk pembangunan.

Pembangunan baru dilanjutkan lagi pada 2006. Pada saat itu, awak ISS dikurangi dari tiga menjadi dua orang saja – satu astronot AS dan satu kosmonot Rusia.

Akan tetapi, pada masa-masa sulit itu, ISS tidak pernah kosong sama sekali. Stasiun ini hanya kosong kecuali ketika awaknya melakukan spacewalk untuk suatu keperluan - yang selalu terkait dengan ISS.

Ekspedisi 1
Awak pertama ISS tiba pada 2 November 2000 dengan kapsul Soyuz Rusia yang diluncurkan pada 31 Oktober 2010 dari Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan.

Ketiga awak tersebut adalah Komandan William Shepherd dari NASA serta dua teknisi penerbangan dari Badan Antariksa Federal Rusia, Sergei Krikalev dan Yuri Gidzenko. Mereka tinggal selama 136 hari.

Kini kondisi di ISS lebih nyaman daripada yang dialami oleh ketiga awaknya yang pertama. Dulu, mereka harus hidup secara Spartan.

Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk mengoperasikan stasiun. Kini, awak ISS bisa mengalokasikan lebih banyak waktu untuk melakukan riset, menikmati makanan dan hiburan yang lebih baik, dan bahkan berolahraga.

Harapan ke Depan
Karena ISS kini telah relatif lengkap dan pembangunannya bisa dianggap selesai, para awaknya bisa lebih berkonsentrasi pada riset ilmiah untuk memajukan penjelajahan antariksa.

Pada 2005, Kongres AS telah menyetujui penggunaan fasilitas ISS oleh para peneliti non-NASA. Lebih dari 400 eksperimen dalam berbagai bidang seperti biologi, fisiologi, fisika, dan ilmu Bumi dan antariksa telah dilakukan di ISS.

Setelah 15 tahun, ISS membuka kemungkinan lain untuk eksplorasi luar angkasa. Stasiun ini bisa digunakan sebagai sarana pengujian untuk pergi lebih jauh ke luar angkasa.

Mulai tahun 2012, AS akan memensiunkan pesawat-pesawat ulang-aliknya. Akibatnya, untuk mengangkut komponen-komponen besar dan berat, ISS hanya bisa mengandalkan pesawat Soyuz serta wahana-wahana Eropa dan Jepang yang tak berawak, atau bahkan juga kapal kargo komersial.

Walaupun demikian, Presiden Barack Obama telah memastikan bahwa NASA boleh memanfaatkan stasiun luar angkasa ini hingga 2020.

Selamat ulang tahun ke-15, ISS.
Stasiun Luar Angkasa Internasional Ulang Tahun ke-15 Stasiun Luar Angkasa Internasional Ulang Tahun ke-15 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/20/2013 11:30:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.