Mau Kuliah di Jurusan Astronomi? Ini Reviewnya

Mau Kuliah di Jurusan Astronomi? Ini Reviewnya
ITB. Kredit: ITB
Info Astronomy - Astronomi itu merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit. Astronomi itu bukan astrologi, begitupun sebaliknya.

Kuliah jurusan Astronomi di Indonesia cuma ada di ITB (Institut Teknologi Bandung), bahkan merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.

Belajar apa di Astronomi?
Program Studi Astronomi menerapkan pengetahuan fisika pada objek di langit dan juga mempelajari struktur, sifat fisik serta evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi guna menumbuhkan kesadaran luasnya jagat raya.

Jurusan Astronomi sendiri dibagi menjadi 3 bidang keahlian, yaitu Tata Surya, Fisika Bintang serta Galaksi dan Kosmologi.

Apa saja yang ada di Astronomi ITB?
Tidak perlu diragukan lagi, program studi ini memiliki fasilitas-fasilitas terkini, contohnya perpustakaan yang berlangganan buku maupun jurnal astronomi dan astrofisika terbaru dan mutakhir.

Pastinya sudah pernah dengar Bosscha, kan? Nah, Bosscha ini merupakan salah satu fasilitas milik Astronomi ITB.

Penelitian observasi disini sendiri punya banyak alat-alat canggih meliputi berbagai jenis teleskop, peralatan tambahan kamera CCD, spektograf dan fotometer.

Program Studi Astronomi ITB saat ini memiliki 17 staf pengajar yang terdiri dari: 7 doktor, 4 Doctor of Science, 1 Ph.D dan 5 Master of Science.

Bagaimana sih kuliah Astronomi ITB?
Perkuliahan Astronomi tidak hanya dilakukan melalui pembelajaran di kelas. Ada juga kegiatan praktikum di laboratorium yang mencakup perolehan data seperti kegiatan pengamatan, pemrosesan data, dan pekerjaan komputasional untuk keperluan analisa dan statistika.

Selain itu, pastinya pengamatan di Bosscha bikin kegiatan perkuliahan makin seru karena bisa sekalian liburan di Lembang

Bagaimana cara bisa kuliah di Astronomi ITB?
Astronomi di ITB masuk FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), jadi nanti saat SNMPTN pilih FMIPA ITB.

Setelah itu, kuliah secara umum selama setahun, kemudian ada kuisioner untuk penentuan jurusan. Pilih astronomi jika kamu pengen ke astronomi.

Walaupun masuk FMIPA, tapi ruang perkuliahan anak-anak astronomi masuk ke FTI (Fakultas Teknik Industri).

Kalau lulus, kerja apa?
Pertama, jangan berpikiran kalau lulus jurusan astronomi jadi astronot, dan berpikiran jalan-jalan ke planet Mars, hang out ke galaksi Andromeda, atau memakai cincin Saturnus.

Sarjana Astronomi bisa bekerja sebagai astronom, tenaga peneliti dan pengembangan, pendidik, tenaga di industri jasa dan manufaktur yang berhubungan dengan teknologi informasi, tenaga jurnalistik dan wirausaha.

Banyak lulusan Astronomi ITB yang bekerja di berbagai perusahaan asing dan mulitnasional seperti LAPAN, BPPT, PTDI dan bahkan NASA (Lembaga Antariksa AS).

Namun, gambaran umum di atas tidaklah membatasi lulusan baik sains maupun teknik hendak menggeluti profesi apa setelah lulus.

Sampai bertemu di Astronomi ITB!
Mau Kuliah di Jurusan Astronomi? Ini Reviewnya Mau Kuliah di Jurusan Astronomi? Ini Reviewnya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/02/2015 05:30:00 PM Rating: 5

14 komentar

  1. Min, kalau misalnya kita dari jurusan Geografi (FMIPA) S1 mau lnjut S2 astronomi bisa tdak yahh?? mohon tanggapannya. Trima ksih :)

    BalasHapus
  2. mas atau mbak,, benar atau tidak kalau lulusan astronomi ITB ada yang ditarik ke NASA?? Dan apa alasannya??? tanggapannya ya,, THANXSSS...

    BalasHapus
  3. Berarti harus masuk SMA ya min.. dan kalau lulusan SMK gak bisa masuk?

    BalasHapus
  4. Min, astronomi apa ada jenjang S2 ? Kebetulan saya dari jurusan pendidikan fisika, apa bisa melanjutkan ke jurusan astronomi ?,

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Apa susah masuk fmipa? Banyak saingannya ga ambil jurusan astronomi?

    Saya masih kelas X tetapi sangat minat di jurusan ini. Alhamdulillah kemarin saya baru dapat juara 2 OSP astronomi, apa sertifikat itu bisa digunakan?

    Trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo emang udah optimis, berusaha dengan jujur dan berdoa seharusnya gak perlu takut punya saingan. Apa lagi udah juara 2 OSP astro.

      Hapus
    2. keren bgt kls x udah berbakat... semangat terus dek:)

      Hapus
  7. min,, pelajaran apa saja yang harus diperkuat selain matematika dan fisika?? tolong di jawab yah min :) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebumian juga termasuk dalam astro

      Hapus
  8. Klau ambil jurusan astronomi pelajaran yang perlu di perdalam apa ya tlng di balas ya

    BalasHapus
  9. min, mau nanya nih..
    boleh tau ga passing gradenya berapa ya?

    BalasHapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.