Lihat Venus di Elongasi Tertinggi Malam Ini

Lihat Venus di Elongasi Tertinggi Malam Ini
Venus. Kredit: US Naval Observatory
Info Astronomy - Foto di atas bukanlah Bulan, itulah planet Venus seperti yang terlihat melalui teleskop di sepanjang malam pada tanggal 1 November 2013.

Elongasi tertinggi berarti bahwa Venus sekarang pada jarak terjauhnya dari Matahari, yang terlihat di bola langit Bumi.

Itu berarti ini adalah waktu yang baik untuk melihat Venus! Lihatlah ke arah Barat setelah Matahari terbenam. Venus akan nampak bagai bintang paling cemerlang dilihat dengan mata telanjang di sana.

Ya, hari ini adalah sudut elongasi tertinggi Venus dari Matahari, sekitar 47°.

Venus, planet kedua di Tata Surya, mengelilingi bagian dalam Matahari dari orbit bumi. Oleh karena itu, Venus tidak pernah bisa terlihat full seperti halnya Full Moon (Bulan Purnama) jika diamati dengan teleskop.

Jika Anda memiliki teleskop, atur dan lihatlah Venus yang muncul setelah Matahari terbenam. Saat terbaik untuk melihat Venus adalah di awal senja. Jika Anda dapat menemukan Venus di langit siang hari, itu lebih bagus lagi.

Lima minggu setelah Venus di sudut elongasi tertinggi, planet ini akan berada di seberang Matahari. Dengan begitu, kita tidak dapat mengamatinya sampai ia muncul kembali.

Planet Venus akan nampak bagai bintang kuning paling cemerlang di langit Barat saat senja jika Anda mengamatinya dengan mata telanjang.
Lihat Venus di Elongasi Tertinggi Malam Ini Lihat Venus di Elongasi Tertinggi Malam Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/01/2013 03:43:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.