Lihat Hujan Meteor Taurid Utara dan 4 Planet Malam Ini

Lihat Hujan Meteor Taurid Utara dan 4 Planet Malam Ini
Komet Encke. Kredit: NASA
Info Astronomy - Foto di atas ini adalah Komet Encke, komet induk dari hujan meteor Taurid Utara yang akan terlihat mulai malam ini.

Bumi melintasi orbit komet ini setiap November, di mana saat itu puing-puing yang ditinggalkan oleh Komet Encke, karena mengorbit matahari, terbakar di atas atmosfer Bumi dan menjadi hujan meteor Taurid Utara.

Malam ini menjadi malam terbaik untuk melihat hujan meteor Taurid Utara. Dimulai dari pukul 21.00 waktu setempat sampai Matahari terbit esok harinya.

Hujan meteor Taurid Utara akan muncul di rasi bintang Taurus, lebih tepatnya di dekat gugus bintang Pleiades.

Ada juga penampakan Planet Venus di sore hari, Jupiter yang muncul mulai tengah malam, juga Mars dan Merkurius yang muncul sebelum fajar. Jika punya telekop, bahkan bisa melihat Komet ISON juga.

Hujan meteor Taurid Utara diprediksikan nampak sebanyak 5 sampai 10 meteor per jam di langit gelap. Puncaknya diperkirakan jatuh pada malam 11-12 November 2013.

Langit malam yang juga dihiasi planet-planet di November 2013, akan bisa dinikmati sembari menonton hujan meteor Taurid Utara malam ini.

Cukup melihat ke barat daya pada senja hari dan malam hari untuk melihat Venus, planet paling cemerlang cahayanya di langit Bumi. Venus akan terbenam sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Sekitar satu jam setelah Venus terbenam, planet Jupiter terbit di langit timur laut sekitar 21.00 waktu setempat.

Setelah Jupiter bergerak agak naik, Mars terbit di timur sekitar pukul 02:00 waktu setempat. Planet merah mudah terlihat dengan mata telanjang tapi tak secemerlang Venus atau Jupiter.

Akhirnya, Merkurius muncul rendah di langit timur sekitar satu jam sebelum Matahari terbit. Merkurius akan lebih cerah dan mudah untuk dilihat satu minggu dari sekarang, pada malam puncak hujan meteor Leonid.

Semuanya bisa diamati dengan mata telanjang, termasuk hujan meteor Taurid Utara-nya. Syaratnya hanya satu, langit cerah bebas dari polusi udara dan polusi cahaya.

Oleh Riza Miftah Muharram
Lihat Hujan Meteor Taurid Utara dan 4 Planet Malam Ini Lihat Hujan Meteor Taurid Utara dan 4 Planet Malam Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/10/2013 01:06:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.