Lihat Dekatnya Bulan, Merkurius dan Saturnus di Akhir Pekan

Lihat Dekatnya Bulan, Merkurius dan Saturnus di Akhir Pekan
Langit Timur 1 Desember 2013. Kredit: Cartes du Ciel
Info Astronomy - Grafik peta langit di atas menunjukkan langit Timur sekitar satu jam sebelum Matahari terbit pada tanggal 1 Desember 2013, seperti yang terlihat dari Indonesia.

Akan muncul Bulan, Merkurius dan Saturnus. Syaratnya langit harus cerah dan pandangan horison Timur Anda tidak terhalang rumah atau gedung.

Saturnus, meskipun tidak secemerlang Merkurius di langit Bumi, mungkin Saturnus lebih mudah untuk ditemukan. Itu karena Saturnus kedudukannya tinggi di langit saat fajar.

Merkurius, planet terdalam dari tata surya, sekarang berjarak sekitar 0,4 SA dari Matahari dan 1,28 SA dari Bumi. 1 SA sama dengan 150 juta kilometer.

Saturnus, planet keenam dari Matahari dan planet paling jauh yang kita dapat dengan mudah melihatnya dengan mata telanjang, terletak sekitar 9,9 SA dari Matahari dan 10,8 SA dari Bumi.

Ya, kita perlu alat bantu optik untuk melihat Uranus, planet ketujuh dari Matahari, dan kita benar-benar membutuhkan bantuan optik untuk melihat Neptunus, planet kedelapan luar.

Besok pagi, satu jam sebelum Matahari terbit, biarkan Bulan membimbing mata Anda untuk menemukan Merkurius dan Saturnus, planet terdekat dan planet terjauh dari Matahari.

Catatan
Merkurius dan Saturnus akan nampak seperti bintang di langit. Jadi jangan heran jika Anda tidak menemukan sosok planet bercincin (Saturnus) yang terlihat jelas cincinnya.
Lihat Dekatnya Bulan, Merkurius dan Saturnus di Akhir Pekan Lihat Dekatnya Bulan, Merkurius dan Saturnus di Akhir Pekan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/30/2013 03:53:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.