Komet ISON di Perihelion, Bisa kah Diamati?

Komet ISON. Kredit: Damian Peach
Info Astronomy - Sejauh ini komet ISON telah melewati November 2013 dengan penampakannya yang semakin cemerlang. Ironisnya, saat komet ISON cemerlang ia dihalangi cahaya Matahari yang jauh lebih cemerlang.

Tapi Anda mungkin akan melihat ekor komet ISON yang panjang saat ia mencapai perihelion -- titik terdekat dengan Matahari -- pada 28 November 2013.

Komet ISON akan secara astronomi paling dekat dengan Matahari pada pukul 02.00 WIB tanggal 28 November 2013. Komet ISON akan berada 1 derajat dari Matahari dan magnitudo semunya bisa mencapai -4.

Dari sudut pandang komet ISON, Matahari akan sangat luar biasa baginya, sinar Matahari akan menjadikan suhu komet ISON mencapai 2.700 °C. Itu cukup panas untuk melelehkan besi.

Apakah bisa dilihat dengan mata telanjang? Jika Anda dapat memblok cahaya Matahari dan saat itu langit cerah tak berawan, Anda mungkin melihat ISON dengan samar-samar. Jangan mencoba ini dengan teropong atau teleskop!

Di mana Anda bisa melihatnya? Karena komet ISON sedang berdekatan dengan Matahari, Anda hanya harus menghadap Matahari.

Peringatan!
Jangan mengamati Matahari dengan mata telanjang terlalu lama, hal itu dapat membuat mata Anda rusak bahkan bisa membuat buta permanen.