Komet ISON dan Hujan Meteor Leonid dalam Satu Foto

Komet ISON dan Hujan Meteor Leonid dalam Satu Foto
Komet ISON dan meteor di hujan meteor Leonid. Kredit: Rene Pi
Info Astronomy - Hujan meteor Leonid yang sudah bisa diamati mulai tengah malam tadi membuat sebagian orang penasaran. Sayangnya, di Indonesia masuk musim hujan sehingga cuaca tidak mendukung.

Astrofotografer Rene Pi berhasil memotret momen melintasnya meteor pada hujan meteor Leonid semalam. Bersamaan dengan itu, ada juga komet ISON di dekatnya. Hasil fotonya, ada di atas. Ia memotret di Radenthein, Austria.

Komet ISON yang sudah bisa diamati dengan mata telanjang sejak 15 November 2013 yang lalu membuat pengamat langit beromba-lomba mengamati dan memotretnya.

Komet ISON bisa diamati mulai sebelum subuh sampai Matahari terbit di langit Timur, sedangkan hujan meteor Leonid akan mencapai puncaknya malam ini.

Hujan meteor Leonid berlangsung dari tanggal 6 sampai dengan 30 November dan akan mencapai puncaknya pada tanggal 17 November 2013 jam 16:30 WIB dengan kecepatan 71 km/detik.

Hujan meteor Leonid bisa dinikmati pengamat langit di belahan Bumi utara dan selatan termasuk Indonesia setiap tahunnya setelah lewat tengah malam sampai jelang dini hari.

Rasi Leo sendiri akan terbit sekitar tengah malam (23.45 WIB) dari timur dan bergerak ke barat menuju terbenam. Hujan meteor Leonid akan tampak datang dari arah rasi Leo, karena itu untuk bisa melihatnya harus menanti terbitnya sang singa di langit malam.

Dengan demikian saat yang tepat untuk melakukan perburuan pada setelah jam 2 dini hari ketika rasi Leo sudah berada setidaknya 30 derajat di atas horison.

Namun cahaya Bulan dan cuaca akan mengganggu. Hujan meteor Leonid tahun ini bertepatan dengan fase Bulan Purnama yang akan memiliki magnitudo -12.

Selamat mengamati!

Catatan editor: Kirim astrofoto Anda ke email redaksi Info Astronomy info.astronomy@gmail.com , foto yang bagus akan dimuat redaksi pada artikel terkait, tentu dengan persetujuan Anda.
Komet ISON dan Hujan Meteor Leonid dalam Satu Foto Komet ISON dan Hujan Meteor Leonid dalam Satu Foto Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/17/2013 08:24:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.