Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Inilah Mengapa Tidak Ada Misi ke Galaksi Andromeda

Inilah Mengapa Tidak Ada Misi ke Galaksi Andromeda
Inilah Mengapa Tidak Ada Misi ke Galaksi Andromeda
Galaksi Andromeda. Kredit: NASA
Info Astronomy - Hampir seluruh anggota tata surya sudah dijelajahi manusia dengan wahana antariksa -- sebuah robot atau kendaraan nirawak -- mulai dari Matahari hingga Pluto dan anggota trans-neptunian.

Sejauh ini, di abad ke-21, tidak (atau mungkin belum) ada misi antargalaksi. Tidak perlu 'jauh-jauh', ke galaksi Andromeda saja yang merupakan galaksi spiral terdekat Bima Sakti tidak ada misi ke sana.

Mengapa?

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui ini; waktu yang diperlukan untuk mencapai planet Mars adalah sekitar 500 hari. Sedangkan waktu untuk ke planet katai Pluto adalah sekitar 15 tahun.

Kenapa lama sekali? Pertama, karena jarak Mars ataupun Pluto yang sangat jauh dari Bumi. Bahkan satuan jarak kilometer sudah tidak digunakan untuk mengukur jaraknya.

Maka dari itu, para astronom menggantinya dengan satuan jarak Tahun Cahaya. 1 tahun cahaya disepakati sama dengan 9,4 triliun kilometer.

Apa jadinya misi ke galaksi Andromeda?

Jarak galaksi Andromeda dari Bumi adalah sekitar 2,54 juta tahun cahaya. Jika dikonversikan ke kilometer, maka sekitar 23 kuintilun ilometer (23.000.000.000.000.000.000 km) jauhnya.

Jarak dari Jakarta ke Bandung yang hanya sekitar 146 kilometer, menempuh waktu sekitar 2 sampai 4 jam lamanya, apa jadinya jika jarak ke Andromeda yang lebih dari 23 kuintiliun kilometer?

Sebab utama dari tidak adanya misi ke galaksi Andromeda adalah, lamanya waktu. Mungkin jika ada misinya, akan ada 600 kali beranak-pinak untuk memantau misi ini, memantau apakah wahana menuju Andromeda masih di jalurnya.

Itulah keunikan astronomi dari yang lain, kita tidak perlu mendekat ke objek yang akan kita teliti di langit. Cukup mengamatinya dari jauh.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

2 komentar

  1. saya mau tanya mas bro, kalau kumpulan2 galaksi itu namanya apa? apakah nebula? sedangkan kumpulan nebula itu di sebut grup nebula, grup nebula itu sendiri di sebut dng gucci, dan setahu saya gucci inilah jagad raya. apakah benar itu mas bro?
    1. Kumpulan galaksi disebut gugus galaksi, sedangkan nebula terbentuk atas ion dan gas dari ledakan bintang yang bernama supernova. :smile:
Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.