India Siap Luncurkan Wahana Pengorbit Mars Hari Ini

Wahana Mars Orbiter yang siap diluncurkan India hari ini (5/11). Kredit: ISRO
Info Astronomy - India akan melakukan peluncuran misi pertamanya ke Mars pada Selasa, 5 November 2013, sebuah misi yang jika berhasil akan menempatkan negara itu dalam klub eksklusif negara yang mampu mengirimkan probe ke Planet Merah.

Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO--India Space Research Organization) akan meluncurkan Mars Orbiter Mission (MOM) di Satish Dhawan Space Centre, Sriharikota, pukul 16.08 WIB.

Misi ini menghabiskan dana sebesar 4,5 miliar Rupee ($ 73.500.000). Akan menempuh perjalanan 11 bulan ke Mars untuk mempelajari atmosfer planet dan permukaan dari orbit.

MOM membawa lima instrumen untuk mempelajari Mars, namun tujuan utamanya adalah untuk melayani sebagai demonstrator teknologi untuk probe antarplanet India di masa depan.

Menurut mantan ilmuwan senior ISRO, K.R. Sridhara Murthy, beranggapan bahwa misi ini akan menjadi batu loncatan untuk banyak kemajuan India di masa depan.

Tapi ia menambahkan bahwa pemerintah juga tidak boleh mengesampingkan perhatian terhadap kesejahteraan masyarakatnya sendiri.
Iklan mengganggu? Hubungi kami!
India Siap Luncurkan Wahana Pengorbit Mars Hari Ini India Siap Luncurkan Wahana Pengorbit Mars Hari Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on November 05, 2013 Rating: 5