India Berhasil Luncurkan Misi ke Planet Mars

India Berhasil Luncurkan Misi ke Planet Mars
Roket India berhasil meluncur (5/11) di Sriharikota, India. Kredit: ISRO
Info Astronomy - India dengan sempurna meluncurkan misi pertama ke Planet Mars kemarin (5/11). Misi ini bertujuan untuk mempelajari atmosfer Mars dan mencari metana setelah mencapai orbit.

Mars Orbiter Mission (MOM) bergemuruh ke angkasa di atas langit India pada 5 November 2013 pukul 16.08 WIB dari Organisasi Peneliti Antariksa India (ISRO) di lepas pantai Timur India.

Perjalanan MOM untuk mencapai Mars dari Bumi diperkirakan akan memakan waktu selama 11 bulan dari sekarang. Ini karena jarak Mars yang jauh dari Bumi.

India Berhasil Luncurkan Misi ke Planet Mars
Roket PSLV-4 menuju Mars. Kredit: ISRO
ISRO mengumumkan bahwa MOM dipisahkan dari panggung PSLV-4 seperti yang direncanakan sekitar 44 menit setelah lepas landas dan bahwa panel surya berhasil ditempatkan.

Konfirmasi pengapian tahap 4 dan pemisahan roket ini dilakukan ISRO dan akan dijatuhkan di Samudera Pasifik Selatan.

MOM dirancang dan dikembangkan oleh India Space Research Organization (ISRO) dalam waktu singkat setelah mendapat persetujuan dari Perdana Menteri India, Manmohan Singh, pada bulan Agustus 2012.

"Misi yang berada di luar kemampuan kami", kata Radhakrishnan, ilmuwan ISRO. "MOM adalah langkah besar untuk India."

India Berhasil Luncurkan Misi ke Planet Mars
Roket PSLV saat akan menembus atmosfer. Kredit: ISRO
Misi ini menghabiskan dana sebesar 4,5 miliar Rupee (8,2 triliun Rupiah). Wahana pengorbit itu akan mengumpul data guna membantu menentukan bagaimana sistem cuaca bekerja di Mars.

Wahana itu juga akan menyelidiki apa yang terjadi terhadap air yang diyakini pernah ada di planet tersebut, dan akan mencari bahan kimia metana, komponen penting makhluk hidup di Bumi.

Hanya Amerika Serikat, Rusia dan Uni Eropa yang telah berhasil mencapai tetangga Bumi itu. Lebih dari separuh percobaan dunia untuk meluncurkan pesawat guna mengorbit Mars telah gagal, termasuk usaha Jepang dan China.
India Berhasil Luncurkan Misi ke Planet Mars India Berhasil Luncurkan Misi ke Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/06/2013 11:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.