Hal-hal Sepele yang Berdampak Buruk Bagi Bumi Kita

Hal-hal Sepele yang Berdampak Buruk Bagi Bumi Kita
Jaga Bumi Kita
Info Astronomy - Pernahkah terpikirkan di benak Anda untuk memikirkan bagaimana keadaan Bumi di masa yang akan datang jika kita semena-mena menaklukan alam? Tidak?

Bumi kita berumur lebih dari 4 miliar tahun, sangat tua memang. Banyak hasil alam yang ada di Bumi yang kita manfaatkan, bukannya bijak malah masa bodoh.

Ada beberapa hal sepele yang sering kita lakukan yang berdampak buruk bagi Bumi kita. Apa saja?

1. Tidak menghabiskan makanan

Studi yang dilakukan UNFAO, organisasi penelitian makanan Amerika Serikat, lebih dari sepertiga makanan yang diproduksi dan dimakan di seluruh dunia yang terbuang percuma sebanyak 1,3 miliar ton per tahun.

Makanan hasil buangan yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) adalah salah satu faktor penyebab efek rumah kaca. Panasnya suhu Bumi, salah satunya disebabkan oleh ini.

2. Memakai alat elektronik berjam-jam

Menonton tv, memakai komputer atau sekadar mengisi ulang baterai ponsel ternyata menjadi hal sepele yang berdampak buruk bagi Bumi. Mengapa?

Memakai alat elektronik, tentu memakan listrik. Listrik yang terbuang ini juga membuat emisi karbon dioksida (CO2) di atmosfer meningkat. Apa ini? Efek rumah kaca.

3. Membuang-buang air

Ada kah di rumah Anda yang memakai keran air? Kami yakin, pasti semua ada. Jika sedang tidak perlu air, matikan lah keran agar air tidak terus-menerus mengalir.

Perubahan iklim dunia telah membuat air di Bumi menjadi buruk kualitasnya juga menurun kuantitasnya. Apa jadinya kita hidup tanpa air di masa mendatang? Mati? Tentu.

4. Naik kendaraan pribadi setiap ke luar rumah

Tahukah Anda jika kendaraan yang Anda miliki adalah penyuplai CO2 ke atmosfer? Hal ini membuat atmosfer padat akan CO2, sinar Matahari yang masuk ke Bumi tidak bisa kembali ke angkasa karena tertahan CO2.

Mengurangi pemakaian kendaraan pribadi setidaknya membuat suhu menjadi lebih rindang. Jika saja setiap kendaraan tidak dinyalakan setiap 3 menit, hal itu akan mencegah lebih dari 1,4 juta ton CO2 ke atmosfer.

5. Membuang sampah seperti Bumi milik sendiri

Melihat orang membuang sampah sembarangan, mungkin ada rasa kesal di diri kita. Tapi apa artinya rasa kesal itu bila kita melakukan hal yang sama dengan orang tadi? Percuma.

Sampah yang ada di Bumi, menyumbang 25% kadar emisi gas CO2 di atmosfer. Sudah saatnya kita berubah, mulai lah dari diri sendiri.

Apa salahnya kita merubah sikap kita untuk Bumi? Tidak ada ruginya juga, kan? Sadar dan lakukan.

JAGA BUMI KITA!
Hal-hal Sepele yang Berdampak Buruk Bagi Bumi Kita Hal-hal Sepele yang Berdampak Buruk Bagi Bumi Kita Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/07/2013 06:38:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.