Foto Jatuhnya Satelit GOCE di Malvinas

Foto Jatuhnya Satelit GOCE di Malvinas
Melintasnya satelit GOCE yang akan jatuh di Malvinas. Kredit: Muh. Ma'rufin Sudibyo
Info Astronomy - Serpihan bangkai GOCE, melintas dan memijar di saat kejatuhannya di langit senja Kepulauan Falkland, Malvinas, Samudera Atlantik bagian selatan berdekatan dengan Antartika.

Foto di atas diabadikan pada Senin, 11 November 2013 pukul 21:20 waktu setempat oleh fotografer Bill Chater.

Bangkai GOCE melintas dari selatan menuju utara sembari memijar dan tercerai-berai. Namun tak ada sisa bangkainya yang menjatuhi daratan.

Pasca jatuhnya satelit GOCE kemarin, masih ada bangkai satelit lain yang seukuran bakal jatuh tak terkontrol dalam waktu dekat.

Yakni bangkai satelit mata-mata IGS 4B (Information Gathering Satellite) milik Jepang yang bertugas memantau aktivitas Korea Utara.

Satelit berbobot 1-2 ton ini telah mati sejak 2010 dan bakal jatuh pada sekitar tgl 13 November 2013 pukul 09:22 WIB kurang lebih 1 jam dengan perkiraan posisi titik jatuh di Samudera Pasifik bagian tengah.

Oleh Muh. Ma'rufin Sudibyo
Foto Jatuhnya Satelit GOCE di Malvinas Foto Jatuhnya Satelit GOCE di Malvinas Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/12/2013 12:46:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.