Dua Galaksi yang Menipu Para Astronom

Dua Galaksi yang Menipu Para Astronom
Satu galaksi spiral dan satu yang tersembunyi. Kredit: UNAWE
Info Astronomy - Alam semesta seakan memastikan kita tidak akan pernah bosan dengan menyajikan misteri dan kejutan di dalamnya.

Pekan lalu, merupakan kejutan bagi para astronom. Bahwa pada sebuah galaksi, yang telah diamati berkali-kali, ternyata merupakan dua galaksi terpisah!

Pasangan dari galaksi pada gambar di atas terlihat tertutupi hampir sempurna di langit, yang telah menipu astronom selama bertahun-tahun.

Jika diamati, terlihat dalam warna merah jambu merupakan galaksi bernama UGC 10288. Ini adalah galaksi spiral. Galaksi kedua (yang warna biru) jaraknya hampir 7 miliar tahun cahaya.

Pengamatan baru sangat bermanfaat bagi para astronom. Memberikan para ilmuwan kesempatan untuk mempelajari fakta-fakta baru tentang galaksi dekat Bima Sakti.

Satu hal yang diungkapkan melalui gambar UGC 10288 ini adalah bahwa bintang-bintang tidak terbentuk di dalamnya secepat yang kita pikir.

Fakta menarik
Jet yang Anda dapat lihat naik dari galaksi dalam gambar di atas sebetulnya sangat besar ukurannya. Jika 10 jet yang sama dijejerkan maka akan sama ukurannya dengan diameter galaksi kita, Bima Sakti.

Disadur dan diterjemahkan secara resmi dari Space Scoop
Dua Galaksi yang Menipu Para Astronom Dua Galaksi yang Menipu Para Astronom Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/23/2013 02:45:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.