Bulan Purnama, Hujan Meteor Leonid dan Komet ISON di Akhir Pekan

Bulan Purnama, Hujan Meteor Leonid dan Komet ISON di Akhir Pekan
Rasi bintang Leo dan Komet ISON di Timur (17/11 4:00). Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Pertunjukan langit akhir pekan ini akan memukau siapapun yang melihatnya. Sebab, akan ada Bulan Purnama, hujan meteor Leonid dan Komet ISON.

Bulan Purnama terjadi pada 17 November di 2013 pada pukul 22:16 WIB. Bersamaan dengan fase Bulan Purnama, hujan meteor Leonid di rasi bintang Leo akan mencapai puncaknya plus komet ISON.

Di langit gelap, Anda biasanya dapat melihat hingga 10 sampai 15 meteor per jam pada malam puncak Leonid, tapi tidak tahun ini.

Bulan Purnama yang persis bertepatan dengan puncak hujan meteor Leonid tahun 2013, cahayanya membuat meteor pada hujan meteor Leonid akan sedikit redup.

Jadi jangan berharap untuk melihat banyak meteor pada hujan meteor Leonid, apa lagi jika melihatnya di daerah yang langitnya memiliki tingkat polusi udara dan cahaya yang tinggi.

Jika Anda tidak melihat ada meteor di jam-jam menjelang subuh, planet Jupiter akan mengobati rasa kecewa Anda. Dan Mars akan berada di depan rasi bintang Leo.

Komet ISON pada dinihari 17 November 2013 telah memiliki magnitudo +4. Sudah cukup terlihat dengan mata telanjang, hal ini juga harus didukung dengan langit yang cerah dan tidak berawan.

Semuanya akan muncul di langit Timur sebelum Matahari terbit. Kecuali Bulan Purnama. Bulan akan terbit pada pukul 18.00 waktu setempat (16/11) dan akan berada di Barat saat menjelang Matahari terbit.

Selamat mengamati!
Bulan Purnama, Hujan Meteor Leonid dan Komet ISON di Akhir Pekan Bulan Purnama, Hujan Meteor Leonid dan Komet ISON di Akhir Pekan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/13/2013 01:21:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.