Angin Topan Haiyan 'Membabat' Filipina

Angin Topan Haiyan 'Membabat' Filipina
Topan Haiyan dipotret menggunakan satelit Aqua milik NASA. Kredit: NASA
Info Astronomy - Badai topan Haiyan yang telah mengakibatkan kerusakan di Palau dan Republik Mikronesia di Samudera Pasifik dan pada Kamis (7/11/2013) telah bergerak ke Filipina.

Carl MacEllroy, dari layanan cuaca nasional Amerika Serikat mengatakan badai topan tersebut tampaknya mengarah ke sebelah utara pulau-pulau Mikronesia yang lebih padat penduduknya.

Kantor Manajemen Keadaan Darurat Nasional di Palau menyatakan mereka kehilangan kontak dengan negara bagian Kayangel, yang memiliki populasi sekitar 200 orang. Setidaknya tiga rumah dilaporkan rusak dan pelabuhan negara bagian tersebut mengalami banjir.

Jessy llele dari resor Palau Pacific di negara bagian Koror, Palalu, mengatakan bahwa mereka hanya mengalami dilewati pinggiran badai, dan kerusakan tampak minimal.

Angin Topan Haiyan 'Membabat' Filipina
Jalur yang terkena topan Haiyan. Kredit: Joint Typhoon Warning Center
Pusat Peringatan Topan Amerika mengatakan sebelum mencapai daratan, angin dari Haiyan berkecepatan maksimum 315 kilometer per jam di dekat pusatnya.

Dengan hembusan berkecepatan 380 kilometer per jam. Intensitas topan itu, setara dengan badai Kategori 5, diperkirakan tidak akan berkurang secara signifikan sebelum mencapai daratan.

Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hal ini dikarenakan pemerintahan Filipina telah mengevakuasi secara cepat sebelum topan Haiyan datang.
Angin Topan Haiyan 'Membabat' Filipina Angin Topan Haiyan 'Membabat' Filipina Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/08/2013 12:39:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.