1 dari 5 Bintang di Jagad Raya Miliki Planet di Zona Layak Huni

Respresentasi zona layak huni sebuah planet. Kredit: UC Berkeley
Info Astronomy - Para ilmuwan dari University of California dan University of Hawaii telah menentukan statistik bahwa dua puluh persen bintang seperti Matahari di galaksi kita memiliki planet seukuran Bumi yang bisa mendukung kehidupan.

Temuan yang diperoleh dari data yang dikumpulkan dari teleskop antariksa Kepler milik NASA dan W. M. Keck Observatory.

Hasil penelitian ini diterbitkan tanggal 4 November 2013 di dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

Seukuran Bumi bukan berarti layak huni

Tim, yang juga termasuk pemburu planet Geoffrey Marcy, profesor astronomi UC Berkeley, memperingatkan bahwa planet seukuran Bumi yang mengorbit sebuah bintang bukan berarti layak huni.

"Beberapa planet mungkin memiliki atmosfer tebal, sehingga begitu panas di permukaan sehingga kehidupan tidak bisa bertahan. Planet lain mungkin memiliki permukaan berbatu dan air cair yang cocok untuk organisme hidup, " kata Marcy.

1 dari 5 Bintang di Jagad Raya Miliki Planet di Zona Layak Huni
Analisis 4 tahun misi Kepler. Kredit: UC Berkeley
Berdasarkan analisis terbaru NASA melalui Kepler, para astronom memperkirakan terdapat hingga sekitar 40 miliar planet seukuran Bumi yang layak huni.

Satu dari setiap lima bintang mirip Matahari memiliki sebuah planet seukuran Bumi yang berotasi di zona bernama Goldilocks -- tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin -- di mana temperatur permukaan cocok untuk hadirnya air.

Jangankan berpikir apakah ada mahluk yang pernah, sedang atau akan bisa hidup di sana. Meskipun planet-planet ini seukuran Bumi, tak ada yang tahu berapa massanya, apakah berbatu seperti Bumi, atau hanya merupakan bola es atau gas.