Venus dan Bintang Antares Berdekatan Malam Ini

Venus dan Bintang Antares Berdekatan Malam Ini
Letak Antares dan Venus mulai senja (16/10). Kredit: Earth Sky
Info Astronomy - Mulai senja pada 16 Oktober 2013, tengok arah langit Barat Daya. Planet Venus akan berdekatan dengan bintang Antares di langit.

Dalam keadaan sebenarnya, mereka tidak benar-benar berdekatan di alam semesta. Venus akan 100 kali lebih cemerlang dibandingkan Antares malam ini.

Venus menjadi objek langit paling cemerlang ketiga, setelah Matahari dan Bulan, di langit malam. Ia akan nampak seperti bintang kuning cemerlang. Dan sore ini ditemani bintang merah Antares.

Cahaya dari Venus hanya membutuhkan waktu selama 6,5 menit cahaya untuk sampai ke mata Anda, sedangkan cahaya Antares membutuhkan waktu 550 tahun cahaya. Ini artinya, jarak Antares 550 tahun cahaya dari Bumi.

Venus dan Bintang Antares Berdekatan Malam Ini
Perbandingan Antares, Arcturus dan Matahari
Antares adalah bintang raksasa merah. Karena jaraknya 550 tahun cahaya (1 tahun cahaya sama dengan 150 juta kilometer), Antares terlihat kecil di langit.

Antares terletak di rasi bintang scorpio dalam galaksi Bima Sakti dan bintang paling terang ke-16 di langit malam (kadang-kadang didaftarkan sebagai paling terang ke-15).

Bersama dengan Aldebaran, Spica, dan Regulus, bintang ini merupakan salah satu dari empat bintang paling terang di dekat ekliptika. Selamat mengamati!

Oleh Bruce McClure, Earth Sky
Diterjemahkan oleh Riza Miftah Muharram
Venus dan Bintang Antares Berdekatan Malam Ini Venus dan Bintang Antares Berdekatan Malam Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/16/2013 03:16:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.