Unik! 2 Asteroid Ini Bernama "Kamen Rider"

Dua asteroid "Kamen Rider". Kredit: Astronesia
Info Astronomy - Planet minor adalah obyek astronomi yang berada dalam orbit langsung mengelilingi Matahari yang bukan merupakan planet atau komet. Planet minor pertama yang ditemukan adalah Ceres pada 1801.

Sejak itu, lebih dari 200.000 planet minor ditemukan, kebanyakan berada dalam sabuk asteroid. Istilah "planet minor" telah digunakan sejak abad ke-19 untuk mengklasifikasikan obyek-obyek tersebut.

Istilah planetoid juga digunakan, khususnya untuk obyek-obyek yang besar. Secara tradisi, istilah asteroid, planet minor, dan planetoid kurang lebih sama.

Namun kemudian pengelompokannya menjadi rumit setelah penemuan sejumlah planet minor di belakang orbit Jupiter dan khususnya Neptunus yang tidak dipertimbangkan sebagai asteroid.

Unik! 2 Asteroid Ini Bernama "Kamen Rider"
Dua tokoh Kamen Rider. Kredit: XTgem
Planet minor atau asteroid ini sangat banyak jumlahnya dan mereka terletak di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Dari sekian banyak asteroid di situ,ada dua objek yang memiliki nama unik, yakni bernama Kamen Rider (atau juga dikenal di Indonesia sebagai Ksatria Baja Hitam) adalah seri tokusatsu dan manga fiksi sains yang diciptakan oleh Shotaro Ishinomori.

Apa saja nama objek itu? Berikut objeknya.

1. 12796 Kamenrider (1995 WF)
12.796 Kamenrider (1995 WF) adalah planet minor (asteroid) yang terletak di sabuk utama asteroid antara Mars dan Jupiter yang ditemukan pada tanggal 16 November 1995.

Asteroid ini ditemukan oleh Akimasa Nakamura di Kuma Kogen Astronomical Observatory. Nama Kamen Rider digunakan untuk menghormati Shotaro Ishinomori.

Shotaro Isinomori adalah yang menciptakan serial Kamen Rider, khususnya Kamen Rider seri pertama. Objek ini memiliki magnitudo 15,7.

2. 12408 Fujioka
12408 Fujioka (1995 SP2) adalah planet minor (asteroid) yang terletak di sabuk utama asteroid antara Mars dan Jupiter yang ditemukan pada tanggal 20 September 1995.

Ditemukan oleh Akimasa Nakamura di Kuma Kogen Astronomical Observatory. Objek ini dinamakan demikian untuk menghormati Hiroshi Fujioka.

Hiroshi Fujioka dikenal di Jepang karena perannya sebagai Takeshi Hongo atau Kamen Rider #1 di serial Kamen Rider.