Telah Terjadi 'Tsunami' Besar di Matahari

Telah Terjadi 'Tsunami' Besar di Matahari
Klik gambar untuk mendengarkan suara 'tsunami' di Matahari. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sunspot atau bintik Matahari berkode AR1875 meletus pada 23 Oktober 2013 pukul 04:20 WIB, menghasilkan solar flare kelas M4 yang impulsif dan ledakan gelombang yang keras.

Astronom radio amatir Thomas Ashcraft dari New Mexico mendengarkan pada saat letusan merasa terkejut. Ia menganggap ini sebagai 'tsunami' yang terjadi di Matahari.

Pada saat letusan, Ashcraft juga memantau Matahari menggunakan teleskop H-alpha yang sudah disetel untuk cahaya hodrogen merah.

Teleskop mencatat tsunami plasma muncul dari lokasi ledakan. Tsunami ini bersumber dari emisi radio. Gelombang kejut di tepi terkemuka dari tsunami menyebabkan ketidakstabilan plasma di atmosfer Matahari.

Ketidakstabilan ini, pada gilirannya, menghasilkan emisi radio berupa gelombang pendek.

Ashcraft adalah pendengar reguler Matahari dan ia mengklasifikasikan ledakan tanggal 23 Oktober sebagai salah satu ledakan radio terkuat dari siklus matahari sejauh ini.

Walau begitu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan para penduduk Bumi. Karena tsunami di Matahari ini tidak berdampak buruk untuk kehidupan di Bumi.

Oleh Tannia Gemintang
Telah Terjadi 'Tsunami' Besar di Matahari Telah Terjadi 'Tsunami' Besar di Matahari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/25/2013 04:02:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.